MATERI
DAN SOAL SESUAI KISI-KISI UKK
BAHASA
INDONESIA KELAS 8
Silakan download pada link berikut:
Materi
A.
Menemukan
masalah utama dalam dua teks berita (Isi berita, Pernyataan sesuai berita,
Persamaan isi, Perbedaan isi, Penyajian berita, Simpulan isi berita,
Pertanyaan isi berita, Kalimat utama,
dan Tema berita)
·
Berita
adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian peristiwa yang hangat. Atau
bisa disebut juga kabar.
·
Isi berita : mencakup pembicaraan tentang 5 W + 1 H
·
Menentukan persamaan dan perbedaan berita dari segi isi dan
penyajian
·
Simpulan berita : inti pembahasan dalam berita.
Contoh:
Teks 1
Warga berjalan melewati air
yang merendam di wilayah Kudus, Minggu (4/12). Akibat hujan turun terus-
menerus sejak Sabtu (3/12), sungai-sungai meluap dan merendam Kota Kudus
tersebut. Akibat banjir tersebut ribuan rumah tenggelam, sekolah, perkantoran,
dan persawahan juga tenggelam.
Teks 2
Setidaknya 2 orang tewas
akibat banjir bandang melanda Kudus, setelah diguyur hujan deras sepanjang
Sabtu siang hingga Minggu (4/12) dini hari. Hingga kemarin, genangan banjir
setinggi 0,5 meter hingga 1,5 meter menenggelamkan ribuan rumah, sekolah,
perkantoran dan ratusan hektar sawah di wilayah Kecamatan Mejobo Kudus.
Unsur
yang di analisis
|
Teks
1
|
Teks
2
|
Persamaan isi berita
|
Banjir
|
Banjir
|
Perbedaan pokok utama berita
|
Mengutamakan akibat banjir terhadap lingkungan
|
Mengutamakan akibat terhadap korban.
|
Penyajian
|
siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana
|
siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana
|
Simpulan
berita di atas adalah banjir yang terjadi di Kudus tidak hanya mengakibatkan
korban jiwa tetapi juga lingkungan sekitar juga menjadi korban.
B.
Diskusi
(Permasalahan diskusi, Kalimat tanggapan, Fakta dan pendapat, Sifat berita,
Rangkuman, Judul berita)
Diskusi merupakan suatu bentuk kegiatan yang terdiri atas beberapa
orang untuk bertukar pikiran atau pendapat guna mencari pemecahan permasalahan.
Orang
yang memimpin diskusi disebut moderator.
Notulis berperan sebagai pencatat
hasil diskusi. Orang yang menyajikan uraian dari tema permasalahan adalah penyaji atau pembicara. Adapun
penyajian tersebut akan ditanggapi oleh peserta
diskusi.
Cara
menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan adalah sebagai berikut.
a.
Persetujuan adalah penyampaian
pendapat yang sama dengan topik yang dibahas.
Contoh:
·
Saya
sependapat dengan Saudara, karena ...
·
Saya
sangat setuju dengan pendapat Saudara ... sebab ...
·
Menurut
saya pendapat Saudara benar ... karena ....
b.
Sanggahan adalah penyampaian
pendapat yang berbeda dari peserta diskusi yang lain. Sanggahan disampaikan
secara santun agar tidak memicu emosi dan harus disertai alasan logis.
Contoh:
·
Pendapat
Anda sebenarnya baik, tetapi.....
·
Saya
mempunyai pendapat berbeda dengan Saudara. Menurut saya ....
·
Pendapat
saya berbedan dengan pendapat Anda. Pendapat saya ....
c.
Penolakan adalah penyampaian pendapat yang tidak setuju dengan
pendapat peserta lain.
Contoh
:
·
Saya
kurang setuju dengan pendapat Saudara karena ....
·
Maaf
saya tidak setuju dengan pendapat Anda sebab ....
Bagaimana diskusi tentang pemakaian HP di
sekolah?
Penyaji/ Pembicara: Pemakaian HP di sekolah memudahkan siswa
dalam berkomunikasi dengan orang tua dan mencari informasi di internet.
Persetujuan : Saya sependapat dengan pendapat penyaji
karena memang kita sudah memasuki budaya digital sehingga pemakaian HP akan
memudahkan dalam mencari informasi di internet.
Penolakan : Saya kurang setuju dengan pendapat Anda
karena membolehkan siswa menggunakan HP di sekolah akan mengganggu konsentrasi
siswa dalam belajar.
Sanggahan : Saya memiliki pendapat berbeda dengan
Saudara. Menurut saya, siswa berkomunikasi dengan orang tua bisa menggunakan
telepon sekolah. Adapun jika membebaskan siswa menggunakan HP untuk berinternet
sangat berisiko digunakan bermain.
Fakta
merupakan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Contoh, Negara Indonesia terdiri atas pulau besar dan kecil.
Pendapat
merupakan pernyataan yang kemungkinan kebenarannya sangat relatif karena
dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif sehingga bisa diperdebatkan.
Terdapat kata mungkin, bisa jadi, sangat,
tidak mungkin, sebaiknya, dsb. Contoh
Langit mendung mungkin sebentar lagi hujan deras
C.
Rangkuman
(Langkah-langkah merangkum, Isi buku, Tanggapan isi buku, Kekurangan dan
kelebihan isi buku)
Rangkuman adalah cara menyajikan karangan yang panjang dalam
bentuk singkat.
Rangkuman
mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang.
Langkah-langkah
merangkum:
• Mengenali identitas buku/ bacaan.
• Membaca bacaan secara keseluruhan.
• Menentukan gagasan utama bacaan.
• Menyusun pokok-pokok pikiran menjadi inti
sari cerita.
Merangkum
buku ilmu pengetahuan populer adalah mengambil inti sari dari buku pengetahuan
yang disukai banyak masyarakat dan menuliskan kembali dalam catatan singkat.
Buku ilmu pengetahua populer biasanya bahasanya ringan, komunikatif, dan isinya
mudah dipahami.
Contoh:
Judul
buku : Bertanam Cabai Rawit
dalam Polybag
Jumlah
halaman : 56
Penerbit : Penebar Swadaya, Jakarta
Setiap
lapisan masyarakat Indonesia pasti mengenal cabai rawit. Tanaman ini seperti
menjadi keperluan pokok setiap keluarga.
Pada saat musim hujan cabai rawit sangat mudah dijumpai dan harganya murah.
Pada musim kemarau cabai rawit harganya mahal. Penyebab hal tersebut adalah
penanaman pada musim kemarau menghasilkan buah sedikit. Salah satu cara untuk
mengatasi hal tersebut adalah penanaman cabai rawit dalam polybag/ kantung plastik. Dengan cara tersebut cabai rawit segar
dapat tersedia setiap saat. Buku
ini disusun agar pembaca dapat memenuhi kebutuhan cabai rawit bagi rumah tangga
sendiri dengan memanfaatkan pekarangan.
Kelebihan
dan kekurangan buku (resensi buku)
Bisa dilihat dari bentuk
fisik buku (kulit buku, ilustrasi gambar, dan tata letak), bahasa yang
digunakan, isi buku (pembahasan materi), dan pengarang (membandingkan karya
denga karya orang lain).
Contoh:
Kelebihan, pembahasan buku tersebut cukup ringan
dan mudah dipahami meskipun tetap menggunakan bahasa Indonesia baku.
Kekurangan, pemakaian bahasa masih terdapat banyak
kekurangan seperti penulisan kata diketemukan dan kesemuanya.
D.
Membaca
berita (Tanda penjedaan berita dan Cara membaca berita)
Membacakan
berita terlihat sederhana tetapi memerlukan teknik yang baik dan benar. Membaca
berita dilakukan dengan teknik membaca nyaring. Hal yang perlu diperhatikan
adalah lafal, intonasi, penjedaan, irama, vokal, dan ekspresi yang tepat.
Langkah-langkah membaca teks berita:
a.
Membaca
dalam hati teks berita dan memahami isi.
b.
Memberikan
tanda jeda yang tepat.
Tanda
satu garis miring (/) : jarak satu ketukan ( antar kata)
Tanda
dua garis miring (//) : tempo dua ketukan (antar frasa).
Tanda
silang ganda (#) : antar kalimat dalam wacana.
c.
Membaca
dengan intonasi dan pemenggalan yang tepat.
Contoh:
Selamat
pagi pemirsa,/ kembali bersama saya Suryo Dirojo /dalam acara Liputan
9 Pagi /untuk menyampaikan berita-berita yang teraktual dan terkini seputar
Indonesia//
Pemimpin
Pegadaian Cabang Banyumanik/ Siswo Sumarsono/ menyerahkan bantuan kepada
Yayasan Muhammadiyah TK ABA/ yang diterima Kepala SD Muhammadiyah 16/ Kofani//
di Jalan Drs. Wahidin/ Semarang/ kemarin#
Berita
tadi menutup acara Liputan 9 pagi ini/, saya Suryo Dirojo dan
segenap kru yang bertugas /mengucapkan terimakasih /dan sampai jumpa#
E.
Menulis
berita (Pokok-pokok berita)
Berita
adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa/ kejadian yang faktual, penting,
menarik, dan menyangkut kepentingan pembaca. Berita dapat dikatakan bernilai
apabila berita tersebut cepat/ aktual, nyata/ faktual, penting, dan menarik.
Langkah
dalam menulis berita antara lain sebagai berikut,
·
Menentukan
topik berita
·
Mengumpulkan
data dengan wawancara dan observasi
·
Mengklasifikasikan
data
·
Menulis
berita
Bentuk
penyajian berita adalah piramida terbalik. Hal ini agar mudah dalam pengeditan
berita dan pembaca menemukan isi berita.
Judul
Teras berita
(memuat informasi yang penting dan singkat)
Apa, siapa, dimana, kapan
Tubuh berita (penjelasan proses peristiwa)
Mengapa dan bagaimana
F.
Slogan
dan poster (Jenis-jenis dan Menulis slogan dan poster)
Poster adalah informasi berupa gambar yang ditempelkan di
tempat umum sebagai pengumuman atau iklan.
Slogan adalah kalimat yang pendek dan menarik sehingga mudah
diingat untuk memberitahukan sesuatu.
Cara menulis poster:
Poster
memiliki banyak jenis antara lain,
·
Poster
kegiatan adalah Pemberitahuan kepada khalayak tentang kegiatan yang akan
diselengarakan.
·
Poster
niaga adalah penawaran produk tertentu agar masyarakat tertarik untuk membeli.
·
Poster
pendidikan adalah penyuluhan kepada masyarakat dengan tujuan mendidik.
·
Poster
layanan masyarakat adalah informasi yang berguna bagi masyarakat.
Cara
menulis slogan:
Slogan harus dibuat semenarik mungkin dan
biasanya dituangkan dalam poster, stiker, spanduk, dsb. Penggunaan bahasa,
bentuk tulisan, dan komposisi warna sangat mempengaruhi. Kalimatnya singkat,
rima, dan penuh makna.
Contoh:
§ Slogan lingkungan hidup = MASIH PUNYA IMAN! JAGALAH KEBERSIHAN
§ Slogan pendidikan = MEMBACA MEMBUKA JENDELA
DUNIA
§ Slogan kesehatan = KESEHATAN UNTUK MENIKMATI KESEHAHTERAAN
§ Slogan motivasi = SEMAKIN SULIT PERJUANGAN SEMAKIN BESAR
KEMENANGAN
G.
Unsur
Intrinsik novel (Alur, Tahapan alur, Tokoh antagonis, Watak tokoh, Bukti watak
tokoh, dan Latar)
Novel adalah cerita yang mengisahkan sisi utuh
problematika kehidupan seseorang atau
beberapa tokoh. Novel dibangun oleh unsur yang membangun
makna dari dalam karya sastra yang diistilahkan unsur intrinsik. Unsur
intrinsik novel meliputi tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan
amanat.
·
Tema
Tema
adalah gagasan utama cerita. Contoh, kemanusiaan,
kekuasaan, kasih sayang, kecemburuan, kebaikan, pelampiasan emosi, dsb. Cara menemukan tema adalah mengidentifikasi masalah tokoh, menemukan penyelesaian masalah, dan
menyimpulkan tema.
·
Penokohan
Tokoh
merupakan orang yang memerankan cerita. Penokohan adalah cara pengarang dalam
menggambarkan watak atau karakter tokoh baik kedaan lahir maupun batin. Jenis
tokoh ada tokoh utama dan tokoh tambahan. Ada pula jenis tokoh protagonis,
tritagonis, dan antagonis.
Penggambaran
watak tokoh dilakukan dua cara yakni,
a)
Melalui
teknik analitik, penelasan secara langsung oleh pengarang dalam cerita
b)
Melalui
teknik dramatik, penjelasan secara tidak langsung melalui,penggambaran
fisik, dialog tokoh, lingkungan tokoh, jalan
pikiran, dan diceritakan tokoh lain.
·
Latar
Latar
atau setting merupakan penggambaran tempat, waktu, dan suasana terjadinya
peristiwa dalam novel. Latar dibagi menjadi 3:
1. Latar
tempat: menyaran pada tempat seperti desa, sungai, jalan, hutan, dsb.
2. Latar
waktu :menyaran pada waktu seperti malam, sore, pagi, musim hujan,
3. Latar
sosial: menyaran pada perilaku kehidupan sosial masyarakat seperti adat, tradisi,
kebiasaan, keyakinan, status sosial, dsb.
·
Alur
Alur
disebut pula plot. Alur adalah rentetan peristiwa yang terjalin dalam cerita.
Ada lima tahapan alur:
a)
Tahap pengenalan situasi : Penggambaran suasana
cerita.
b)
Tahap pemunculan konflik: Masalah awal.
c)
Tahap peningkatan konfliks : Masalah semakin berkembang.
d)
Tahap klimaks :
Pertentangan antar tokoh
e)
Tahap penyelesaian : Penyelesaian masalah.
Mengidentifikasi alur dengan menjelaskan peristiwa
yang terjadi di setiap tahapan alur.
Kemudian menyimpulkan gambaran umum alur cerita.
Tokoh mengalami konflik dalam cerita. Persoalan yang dihadapi tokoh disebut
konflik. Ada 3 jenis konfilk yakni,
1)
Konflik batin adalah konflik manusia dengan dirinya
sendiri
2)
Konflik sosial adalah pertentangan manusia dengan
sesama manusia
3)
Konflik lingkungan adalah pertentangan manusia
dengan lingkungan sekitarnya.
Ada 3
jenis alur antara lain
1) Alur maju (progresif) adalah alur yang menunjukkan cerita, mulai dari tahap
perkenalan, penampilan masalah, dan tahap penyelesaian
2) Alur mundur (regresif) adalah alur yang menceritakan masa lampau
3)
Alur
campuran adalah penggabungan antara alur maju dan mundur.
·
Sudut pandang
Sudut
pandang merupakan posisi pengarang dalam membawakan cerita.
Sudut pandang ada 2:
§ Sudut pandang orang pertama : pengarang berperan sebagai orang pertama (metode aku).
§ Sudut pandang orang ketiga : pengarang
sebagai pengamat. Memakai ia, dia, atau
nama orang. (metode diaan)
·
Amanat
Amanat
merupakan ajaran moral yang disampaikan pengarang kepada pembaca melalui
karyanya. Untuk
mendapatkan amanat maka harus dibaca cerita secara tuntas berulang kali. Contoh amanat adalah pentingnya menghargai tetangga, hendaknya
menyantuni tetangga yang miskin.
H.
Puisi
(Ciri-ciri umum puisi (rima), Diksi dan majas, Isi puisi, Tema, Makna kata dalam
puisi, Melengkapi puisi, Latar dan suasana, dan majas)
Puisi
adalah karya sastra menggunakan
kata-kata yang indah dan kaya akan makna. Penyusunan bahasanya terikat oleh
rima, matra, irama, dan larik serta bait.
Unsur-unsur puisi
a. Struktur
fisik : Tipografi, Kata konkret , Diksi , Imaji , Gaya
Bahasa , Rima/irama
b. Struktur
batin : Tema , Nada, Perasaan/suasana , Amanat
Keterangan Struktur Fisik:
Diksi,
yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna,
keselarasan bunyi, dan urutan kata.
Imaji,
yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi,
seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan.
Imaji dapat dibagi menjadi
tiga, yaitu
q imaji
suara (auditif), : Kicau burung bersahut-sahutan
q imaji
penglihatan (visual): Birunya langit tak sebiru hatiku
q imaji
raba atau sentuh (imaji taktil). : Halusnya sutra berpadu dengan kasihmu.
Gaya
bahasa, yaitu penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan/meningkatkan
efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora, simile,
personifikasi, litotes, ironi, hiperbola,
Rima/Irama
adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi.
Rima mencakup aliterasi (pengulangan huruf/kata) dan asonansi (pengulangan bunyi
Keterangan Struktur Batin
Tema/makna :
gagasan utama penyair dalam puisi. Tema ketuhanan, kemanusiaan, patriotisme.
Rasa
(feeling), yaitu sikap penyair dalam puisinya. Seperti kegelisahan, kerinduan, dan
sebagainya
Nada
(tone), yaitu sikap penyair terhadap pembacanya. Contoh: Nada kritik dengan suasara pemberontakan.
Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan
penyair kepada pembaca.
Soal
Uraian
a.
Menentukan
persamaan dan perbedaan dan masalah utama dalam kedua teks berita.
Jelaskan
persamaan dan perbedaan kedua teks berita berikut.
Teks
Berita 1
Jakarta, Kompas. Hampir
semua dari 12 tersangka perampok empat toko emas di Pasar Ciputat, Tangerang
Selatan, Banten adalah residivis. Seorang diantaranya bernama Anwar Syaifudin.
Bersama 8 pria lain ia merampok uang BCA sebanyak Rp 2875 miliar di Cawang,
Jakarta Timur, 8 Oktober 2006.
Teks
Berita 2
Magelang. Aksi perampokan
sadis menimpa pasangan suami-istri Mahmudin (61) dan Ngatirah. Perampokan itu
terjadi di Dusun Sidorejo II, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salarman, Kabupaten
Magelang Selasa pagi sekitar pukul 01.20. Mahmudin dan Ngatirah mengalami luka
parah. Namun, keduanya masih bisa diselamatkan.
b.
Rangkuman
Tulislah
rangkuman berdasarkan wacana berikut!
Buah tomat merupakan buah
yung sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di
samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker
paru-paru. Hasil penelitian menunjukkun tomat dapat mengobati gangguan pencernaan,
diare, kotera, dan serangan empedu.
Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau
diracik menjadi masakan pun mampu membius para penikmatnya. Di Perancis, tomat
disebut pomme d’amour atau apel cinta. Jika ingin sehat dan bebas dari kanker,
cobalah rutin mengonsumsi “Si apel cinta”.
c.
Menentukan
alur, latar, dan watak tokoh novel
Jelaskan pengertian alur,
latar, dan penokohan!
d.
Merangkai
data menjadi teks berita.
1) Peristiwa yang
terjadi: unjuk rasa petani.
2) Orang yang mengalami
peristiwa: para petani yang tergabung dalam Koalisi Nasional Petani atau KNP,
Jawa Tengah.
3) Tempat terjadinya
peristiwa: Sukoharjo
4) Waktu terjadinya
peristiwa: Kamis, 22 Desember 2017
5) Penyebab terjadinya
peristiwa: pemerintah kurang memperhatikan nasib petani
6) Proses terjadinya
peristiwa: Para petani menutup Jalan Veteran, Sukoharjo. Mereka menutup jalan
sebagai wujud ketidakpuasan petani terhadap kebijakan pemerintah yang melakukan
impor beras.
Susunlah data-data
informasi di atas menjadi sebuah berita langsung! Gunakan piramida terbalik!
e.
Menulis
puisi bertema peristiwa alam!
Tulislah sebuah puisi
berdasarkan peristiwa alam sebanyak tiga bait. Perhatikan unsur-unsur
persajakan dan majas!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar