Sabtu, 19 Mei 2018

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 dan latihan soal sesuai kisi-kisi UKK 2018


Materi dan Kisi-kisi Persiapan UKK 2018
Bahasa Indonesia Kelas 7
S     Silakan download pada link berikut ini.

*       Materi
a.    Puisi (Ekspresi membaca puisi, Penjedaan puisi, Suasana, Nada, majas)
           Puisi adalah karya sastra yang tersusun dari kata-kata yang indah dan penuh makna. Puisi merupakan media ekspresi penyair dari hasil pemikiran, perenungan, perasaan, atau khayalan yang dituangkan ke dalam kata-kata atau kalimat.  Ciri-ciri puisi : bahasa indah dan pemakaian kata-kata ringkas dan konotatif, serta disajikan bentuk monolog.
·         Unsur-Unsur dalam Puisi
            Sebuah puisi yang baik akan memiliki unsur-unsur anatara lain :
a.       Diksi yaitu pemilihan kata – kata yang tepat sesuai dengan perasaan atau gagasan yang ingin diungkapkan.
b.      Rima/sajak yaitu pengulangan bunyi puisi untuk membentuk musikalisasi (suara / bunyi yang indah
c.       Tipografi ( tata wajah ) yaitu bentuk penulisan puisi.
d.      Makna / arti yaitu isi yang dikandung oleh puisi. Makna puisi bisa secara per kalimat atau  perbait.
e.       Nada/ Perasaan yaitu Sikap/perasaan penyair saat menciptakan puisi, seperti; gembira, sedih, duka cita, rindu, benci, kecewa, bingung, patriotis/perjuangan ,dll.
f.       Suasana yaitu perasaan hati pembaca setelah membaca puisi,seperti; sedih, iba, marah, benci,dll.
g.      Amanat yaitu pesan atau nilai didik yang ingin disampaikan penyair melalui puisi.
h.      Majas adalah gaya bahasa. Di antaranya personifikasi, metafora, hiperbola, dll.
·         Cara membaca puisi:
Membaca indah puisi harus memperhatikan: penjiwaan (penghayatan isi puisi), Suara (artikulai, intonasi, dan irama), gerak (mimik dan gesture), dan kesesuaian isi puisi secara tepat. Agar pembacaan puisi baik perlu memberi tanda penjedaan terlebih dahulu. Tanda (/) jeda pendek pengganti koma atau intonasi menurun, tanda (//) jeda panjang sebagai pengganti intonasi berhenti atau titik.
Contoh:
Menyesal//
Pagiku hilang/ sudah melayang//
Hari mudaku/ sudah pergi//
Sekarang petang/ datang membayang//
Batang usiaku/ sudah tinggi//

b.     Biografi (Cara menyajikan biografi, Sifat / hal yang diteladani, Keistimewaan  tokoh)
Biografi adalah riwayat hidup, buku yang menulis atau yang menggambarkan tentang riwayat hidup seseorang. Yang disajikan dalam biografi meliputi identitas tokoh, riwayat perjalanan dan karir, kelebihan/keunggulan, dan hal yang diteladani.
Rumus menentukan keistimewaan tokoh dan hal yang diteladani.
Keistimewaan                = kelebihan meliputi prestasi, penghargaan, karya-karya.
Hal yang diteladani        = sikap/ perbuatan tokoh yang baik.

c.    Menarasikan wawanca (Bentuk narasi dari teks wawancara, Mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung, Mengubah kalimat tidak langsung menjadi kalimat langsung)
Bentuk wawancara berupa dialog (tanya-jawab). Untuk mengubah wawancara ke dalam bentuk narasi (teks cerita) maka harus memahami kaidah kalimat langsung dan tidak langsung.
ž  Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ujaran orang secara langsung. Bagian kutipan kalimat berupa kalimat berita, tanya, perintah. Contoh: Bobo bertanya, “Apa itu Mikoorganisme?”
ž  Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan ujaran orang dan hanya berbentuk berita. Contoh: Bobo menanyakan tentang apa itu mikroorganisme.

Perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung
Jenis
Kalimat langsung
Kalimat tak langsung
Tanda baca
Diberi tanda petik (“....”)
Tidak diberi tanda petik.
Kata ganti
Kata ganti orang tetap
Kata ganti orang mengalami perubahan. (saya menjadi dia, kamu menjadi saya, kalian menjadi kami, kami menjadi mereka)
Intonasi
Intonasi bagian yang dikutip lebih tinggi daripada bagian lainnya.
Intonasi mendatar dan menurun.
Jenis kalimat
Kutipan bisa berupa kalimat tanya,berita, perintah.
Hanya berbentuk kalimat berita.
Contoh:
1.      Pak Sopir bertanya, “Kamu mau pergi ke mana, Nak?
(Pak sopir menanyakan bahwa saya mau pergi ke mana.)
2.      Budi bertanya, “Apakah saya boleh masuk?”
(Budi menanyakan bahwa dia boleh masuk atau tidak.)
Mengubah teks wawancara ke dalam bentuk narasi!
Wartawan : “Mengapa Anda tertarik ke dunia anak?”
Kak Seto  : “Saya melihat perhatian terhadap anak-anak ini sangat kurang, sehingga saya juga mengharapkan supaya generasi muda, rekan-rekan mahasiswa atau remaja, mulai peduli terhadap isu anak.”
Narasi       : Saat Kak Seto ditanya tentang alasan tertarik ke dunia anak, ia menjelaskan bahwa ia melihat perhatian terhadap anak-anak ini sangat kurang sehingga ia juga mengharapkan supaya generasi muda, rekan-rekan mahasiswa atau remaja, mulai peduli terhadap isu anak.”

d.    Paragraf (Gagasan utama, Simpulan, dan Pernyataan yang tidak sesuai)
·         Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama.
·         Gagasan utama adalah gagasan yang mendasar dalam paragraf atau kata kunci dalam kalimat utama.
·         Simpulan adalah pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.
·         Rangkuman adalah rangkaian dari pokok-pokok pembicaraan dalam kalimat.
Contoh:
Perawatan gigi harus dianjurkan sedini mungkin karena berperan bagi penampilan dan kesehatan tubuh. Agar gigi selalu sehat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya, setiap enam bulan sekali dilakukan pemeriksaan gigi. Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari. Terutama setelah makan dan sebelum tidur. Hindarilah makanan yang menadung gula seperti kembang gula, cokelat, dan sejenisnya. Ada baiknya jika setelah makan makanan tersebut segera menyikat gigi, agar sisa-sisa makanan tersebut tidak merusak gigi.
·         Ide pokok/ gagasan utama : Perawatan gigi dianjurkan supaya selalu sehat.
·         Simpulan : Perawatan gigi secara rutin penting untuk menjaga penampilan dan kesehatan tubuh. Caranya memeriksa secara rutin per enam bulan dan menghindari makanan mengandung gula.
·         Rangkuman : Gigi berperan dalam menjaga penampilan dan kesehatan tubuh maka perlu dirawat secara rutin. Perawatannya dengan cara rutin memeriksa gigi per enam bulan, menyikat gigi, dan menghindarkan dari makanan yang mengandung gula.

e.     Menulis puisi (Cara menulis puisi, Makna dalam puisi, Suasana, dan Majas personifikasi)
Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis puisi:
  • Diksi : Pilihan kata yang digunakan dalam penulisan puisi. Syarat diksi meliputi: berhubungan dengan tema, unik, dan bermakna kuat.
  • Gaya bahasa: Gaya bahasa untuk memperindah puisi. Majas meliputi:
a.       Personifikasi: Nyiur melambai.
b.      Metafora: Raja siang
c.       Hiperbola: Tangisan menganak sungai.
d.      Simbolik: pita hitam karangan bunga
e.       Litotes: Mampirlah ke gubuk kami.
f.       Repetisi : Cinta adalah keindahan/ Cinta adalah pengorbanan.
  • Rima/persajakan : Persamaan bunyi dalam puisi.
a.       Rima beraturan : a-a-a-a
b.      Rima tidak beraturan: bebas
  • Citraan/imaji : Gambaran imajinasi dalam puisi.
a.       Citraan visual : Sawah menghampar luas
b.      Citraan auditif : Suara seruling di pasir ipis merdu
c.       Citraan kinestetis : Angin bergerak menghempas badai.

f.     Realitas kehidupan anak dalam cerita (Realitas kehidupan, Latar cerita, dan Ekspresi tokoh)
               Cerita anak adalah cerita yang dikembangkan dari kehidupan sekitar anak. Misalnya kehidupan sekolah,persahabatan,permaianan,petualangan,dan keluarga.
               Tema,tokoh , jalan cerita, serta gaya bahasa yang digunakan pun sederhana sesuai dengan tingkat berpikir anak-anak. Dengan demikian diharapkan dapat membantu anak dapat menanamkan sikap bijaksana dan  meneladani perwatakan yang baik dari cerita tersebut.
·         Tema, Watak Tokoh, Latar, dan Jalan cerita
               Sebuah cerita akan memilki unsur-unsur seperti ; tema, tokoh, latar atau setting, jalan cerita/alur  dan beberapa unsur yang lain..Untuk itu mari kita uraikan masing-masing unsur-unsur cerita  tersebut :
1.      Tema adalah ide pokok yang mendasari cerita.Untuk mengetahui tema suatu cerita ,kita bisa mengajukan pertanyaan seperti ; Tentang  apa cerita tersebut ? tentunya jawaban pertanyaan ini bukan isi seluruh dari cerita, tetapi hanya pokok atau inti ceritanya saja. Inti cerita inilah yang merupakan tema dari cerita tersebut.
2.      Watak tokoh adalah karakter yang dimiliki oleh setiap tokoh dalam cerita.Watak tokoh dapat kita ketahui dari ucapan-ucapan tokoh dalam cerita,tingkah laku / sikap serta pendapat-pendapat atau hasil pikiran tokoh.watak tokoh itu seperti; pemberani, jujur, licik, pemalu,  oftimistis, pesimistis, sentimental, pemarah, bijaksana, dll.
3.      Latar adalah tempat, waktu dan suasana dalam cerita. Ketiga unsure tersebut antara lain;  Tempat terjadinya cerita,waktu terjadinya cerita serta suasana atau keadaan dalam cerita.
4.      Jalan Cerita / Alur adalah rangkaian peristiwa yang menjalin suatu cerita.Alur atau jalan cerita ini ada dua jenis yaitu ;
a.       Alur maju yaitu jalan cerita yang memilki  penceritaan secara  berurutan .
b.      Alur mundur yaitu jalan cerita yang memiliki   penceritaan peristiwa yang telah lalu.

g.    Memo (Melengkapi memo, Isi memo)
Karena tidak dapat berbicara langsung dengan orang yang dikehendaki maka harus menulis memo. Memo adalah tulisan berisi pesan singkat yang disampaikan kepada orang lain. Memo menurut sifatnya ada memo resmi dan tidak resmi. Memo resmi ditujukan untuk kalangan instansi. Memo tidak resmi ditujuka untuk teman atau anggota keluarga. Fungsi memo: mengingatkan dan saran.
Sistematika penulisan memo:
a) Kepala Memo : 1) Judul, 2) alamat yang dituju , 3)  pengirim memo, 4)   perihal memo, 5)   tanggal pengiriman memo.
b) Isi Memo. berupa bahasa singkat, lugas, mudah dipahami, kalimat perintah yang pendek.
M E M O
Kepada           : Kepala Tata Usaha
Dari                 : Kepala Sekolah
Perihal            : Pembuatan Undangan Rapat Dinas                       
     Segera buatkan undangan rapat dinas para guru dan karyawan, tanggal 21 Februari 2017, pukul 09.00, di ruangan pertemuan sekolah. Terima kasih.
                                                                                       18  Februari 2017
                                                                                         Kepala sekolah

                                                                                           ARYANTO
h.    Membaca tabel (Pernyataan ,Isi tabel)
1.      Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah informasi faktual yang disusun secara sistematis. Diagram adalah informasi yang disusun berwujud gambar/sketsa. Diagram meliputi diagram lingkaran, batang, dan garis.
Langkah-langkah membaca tabel dengan cepat antara lain,
a.       Membaca judul tabel atau diagram.
b.      Membaca informasi di bagian baris ataupun kolom
c.       Membuat pertanyaan berdasarkan judul tabel.
d.      Menuliskan pokok-pokok informasi dalam tabel.


Contoh:
Jumlah Penumpang Kereta Api Jawa Tengah
Tahun 2004 s.d. 2006
No
Stasiun
Tahun


2004
2005
2006
1.
Semarang Tawang
49.714
49.714
54.685
2.
Semarang Poncol
54.357
52.697
57.969
3.
Solo Balapan
36.023
31.314
34.445
4.
Purwokerto
24.703
25.324
27.856
5.
Kutoarjo
47.289
30.730
33.803
6.
Tegal
30.164
41.894
46.083

Contoh cara pembacaan tabel:
Berapa jumlah penumpang kereta api tahun 2004-2006 di stasiun Semarang Tawang?
Jawaban menghasilkan pernyataan : Jumlah penumpang kereta api di Stasiun Tawang Semarang pada tahun 2004 dan 2005 sama besar, sedangkan pada tahun 2006 mengalami kenaikan.
Pernyataan yang lain sesuai dengan isi tabel:
a.       Jumlah penumpang kereta api di Tegal pada tahun 2004-2006 mengalami kenaikan 15919.
b.      Jumlah penumpamg kereta api di Kutorajo mengalami penurunan pada tahun 2004-2006.
c.       Pada 2005, jumlah penumpang dari keenam stasiun mengalami penurunan meliputi Semarang Poncol, Solo Balapan, dan Kutoarjo.
Kesimpulan: Dari keenam stasiun, Jumlah Penumpang Kereta Api Jawa Tengah Tahun 2004-2006 yang mengalami kenaikan cukup tinggi setiap tahun adalah stasiun Tegal.
*      Soal
1.        Mengubah wawancara menjadi narasi
Ubahlah wawancara berikut menjadi sebuah narasi dengan memperhatikan penulisan kalimat tak langsung!
Pewawancara                   : Bagaimana tanggapan Bapak terhadap minat siswa saat ini?
Kepala Perpustakaan        : Menurut saya minat baca siswa saat ini memang masih rendah walaupun belum begitu mengkhawatirkan.
Pewawancara                   : Lalu bagaimana upaya yang telah Bapak tempuh dalam rangka mengatakan permasalahan ini?
Kepala Perpustakaan        : Salah satu upaya kami tempuh adalah melaksanakan program wajib masuk perpustakaan. Teknisnya dalam satu minggu ada jadwal wajib kunjungan perpustakaan. Selama satu jam anak-anak wajib ke perpustakaan untuk membaca buku atau melaksanakan aktivitas lain yang  memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan
2.      Menentukan pemenggalan dalam puisi
Berikanlah tanda penjedaan intonasi bait puisi yang benar!
Aku lalai di pagi hari
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu miksin harta
3.      Mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung
Ubahlah kalimat langsung menjadi tidak langsung dan sebaliknya.
a.       Guru berkata, “Saya akan mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan di Stadion Sriwedari.”
b.      Iffah menyuruh Haning menunggu sebentar karena ia sedang memakai sepatu
4.      Menulis memo
Tulislah memo sesuai ilustrasi!
Pemimpin Bank Jaya Makmur akan mengadakan rapat dengan marketing pada Senin 8 Mei 2009, pukul 09.00 WIB. Sekretarisnya disuruh membuat undangan kepada karyawan tersebut.
5.      Menentukan pernyataan sesuai tabel
Buatlah 3 pernyataan dan simpulkan isi tabel berikut!                                        
Tabel Pelanggaran Tata Tertib Triwulan 1 2015/2016
No.
Bulan
Juli
Agustus
September
1.
Kelas VII
20
13
12
2.
Kelas VIII
25
27
29
3.
Kelas IX
12
8
6

Jumlah
57
48
47


Tidak ada komentar:

Posting Komentar