Selamat pagi!
Sejuknya udara pagi menambah semangat paru-paru kita memompa darah ke seluruh jaringan otot di tubuh yang mengaktifkan otak kita pula untuk berpikir dan berpikir materi Ulangan Tengah Semester 2. Melalui blog ini, ustadz memberikan tambahan belajar kalian. Materi dan soal insyaallah sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UTS 2 kelas 8 kurikulum KTSP.
Silakan kalian download pada link berikut!
Download materi dan soal latihan UTS 2 Kelas 8
Kalian cetak untuk dipelajari dan kerjakan.
Pengumpulan soal dilakukan pada hari Jumat, 29 Februari 2019.
Materi dan Latihan
Soal
Persiapan
Menghadapi Ulangan Tengah Semester 2 Kelas 8 (KTSP)
1. Berita
A.
Uraian Materi
Membaca ekstensif berita
adalah teknik membaca secara luas untuk mendapatkan
informasi yang sebanyak-banyaknya dari beberapa berita yang bertopik sama.
Tujuannya adalah mendapatkan informasi secara cepat.
Cara membaca
ekstensif:
a. Tentukan beberapa teks berita yang bertopik sama
b. Bacalah sekilas judul
c. Dengan teknik skimming, tentukan gagasan pokok.
d. Carilah kata kunci atau petunjuk lain di teks
Hal yang dicari dalam membaca
ekstensif ada 2 aspek :
a) Mencari persamaan dan perbedaan informasi
•
Isi
•
Penyajian berita (5 W
+ 1 H)
b) Menyimpulkan
masalah
utama
Contoh:
Teks Berita 1
Lima
penumpang tewas dalam kecelakaan kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo-Tanah
Abang. Peristiwa itu terjadi Selasa (16/1) pukul 00.06 WIB. Akibat peristiwa
itu perjalanan kereta api terganggu.
Teks Berita 2
Selasa
(16/1) dini hari terjadi kecelakaan kereta api di dusun Gununglurah, Rancamaya,
Banyumas. Kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo-Tanah Abang terguling di
jembatan rel sungai Pager. Lima penumpang tewas dan lebih dari 100 orang
luka-luka.
Dilihat dari dua berita di atas, masalah utamanya adalah kecelakaan kereta api jurusan Solo-Tanah
Abang.
Perbedaan berita, segi isi:
Teks berita
1
tidak menjelaskan dimana dan mengapa peristiwa berlangsung.
Teks berita
2
tidak menjelaskan bagaimana dan mengapa peristiwa berlangsung.
Perbedaan penyajian teks berita:
Teks berita 1 :
siapa-apa-kapan-bagaimana
Teks berita
2
: kapan-apa- dimana- siapa
B.
Soal
Bacalah teks
berikut ini!
1)
Persamaan
isi kedua teks berita di atas adalah ….
A.
Peristiwa
alam
B.
Terjadinya
kecelakaan
C.
Musibah
kapal
D.
kecelakaan
transportasi
2)
Perbedaan
pola penyajian kedua berita di atas adalah ….
A.
Teks
berita 1 diawali dengan apa, teks
berita 2 kapan
B.
Teks
berita 1 diawali dengan di mana, teks
berita 2 bagaimana
C.
Teks
berita 1 diawali dengan di mana, teks
berita 2 kapan
D.
Teks
berita 1 diawali dengan apa, teks
berita 2 bagaimana
3)
Perbedaan
isi kedua teks berita di atas adalah ….
A.
Teks
berita 1 peristiwa kecelakaan transportasi laut, teks berita 2 bencana alam.
B.
Teks
berita 1 peristiwa kecelakaan transportasi udara, teks berita 2 peristiwa alam.
C.
Teks
berita 1 peristiwa kecelakaan transportasi laut, teks berita 2 kecelakaan
udara.
D.
Teks
berita 1 peristiwa kecelakaan transportasi udara, teks berita 2 kecelakaan
laut.
4)
Berdasarkan
data pokok pendidikan Kemendikbud Tahun 2011, jumlah lembaga pendidikan
menengah di jenjang SMA, SMK, MA, Sekolah Menengah Luar Biasa dan Paket C ada
32.282 sekolah. Total siswa 9.653.571 orang, diajar 562.946 guru.
Dukungan pemerintah daerah untuk wajib
belajar 12 tahun dirintis tahun 2006-2012. Saat ini 14 provinsi mencanangkan
wajib belajar 12 tahun dengan menyediakan BOS daerah/ bantuan khusus siswa
miskin daerah. (Kompas, 6 Maret 2012)
Berdasarkan kutipan berita tersebut,
pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai
dengan isi berita adalah ....
a. Sebanyak 562.946
guru mengajar murid SLTA.
b. Siswa tingkat SLTA
berjumlah 32.382 orang.
c. Khusus siswa
miskin didanai oleh BOS daerah.
d. Ada 14 provinsi
yang mencanangkan wajib belajar 12 tahun.
5)
Teks Berita 1
Jakarta, Kompas. Hampir semua dari 12
tersangka perampok empat toko emas di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, Banten
adalah residivis. Seorang diantaranya bernama Anwar Syaifudin. Bersama 8 pria
lain ia merampok uang BCA sebanyak Rp 2875 miliar di Cawang, Jakarta Timur, 8
Oktober 2006.
Teks Berita 2
Magelang. Aksi perampokan sadis menimpa
pasangan suami-istri Mahmudin (61) dan Ngatirah. Perampokan itu terjadi di
Dusun Sidorejo II, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salarman, Kabupaten Magelang
Selasa pagi sekitar pukul 01.20. Mahmudin dan Ngatirah mengalami luka parah.
Namun, keduanya masih bisa diselamatkan.
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan
berita di atas adalah ....
|
Berita 1
|
Berita 2
|
a.
|
Pelaku-peristiwa-tempat-waktu
|
Peristiwa-tempat-waktu-korban
|
b.
|
Tempat-peristiwa-pelaku-waktu
|
Korban-tempat-waktu-peristiwa
|
c.
|
Pelaku-tempat-peristiwa-waktu
|
Peristiwa-waktu-tempat-korban
|
d.
|
Waktu-peristiwa-pelaku-tempat
|
Korban-peristiwa-tempat-waktu
|
2. Diskusi
A.
Uraian materi
Diskusi merupakan suatu bentuk kegiatan yang terdiri atas
beberapa orang untuk bertukar pikiran atau pendapat guna mencari pemecahan
permasalahan.
Orang yang memimpin
diskusi disebut moderator. Notulis berperan sebagai pencatat hasil
diskusi. Orang yang menyajikan uraian dari tema permasalahan adalah penyaji atau pembicara. Adapun
penyajian tersebut akan ditanggapi oleh peserta
diskusi.
Cara menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan adalah sebagai berikut.
a. Persetujuan adalah penyampaian pendapat yang
sama dengan topik yang dibahas.
Contoh:
·
Saya sependapat
dengan Saudara, karena ...
·
Saya sangat setuju
dengan pendapat Saudara ... sebab ...
·
Menurut saya pendapat
Saudara benar ... karena ....
b. Sanggahan adalah penyampaian pendapat yang
berbeda dari peserta diskusi yang lain. Sanggahan disampaikan secara santun
agar tidak memicu emosi dan harus disertai alasan logis.
Contoh:
·
Pendapat Anda
sebenarnya baik, tetapi.....
·
Saya mempunyai
pendapat berbeda dengan Saudara. Menurut saya ....
·
Pendapat saya
berbedan dengan pendapat Anda. Pendapat saya ....
c. Penolakan adalah penyampaian pendapat yang tidak setuju dengan pendapat peserta
lain.
Contoh :
·
Saya kurang setuju dengan
pendapat Saudara karena ....
·
Maaf saya tidak
setuju dengan pendapat Anda sebab ....
Bagaimana diskusi tentang pemakaian HP di sekolah?
Penyaji/ Pembicara: Pemakaian HP di sekolah memudahkan siswa
dalam berkomunikasi dengan orang tua dan mencari informasi di internet.
Persetujuan :
Saya sependapat dengan pendapat penyaji
karena memang kita sudah memasuki budaya digital sehingga pemakaian HP akan
memudahkan dalam mencari informasi di internet.
Penolakan : Saya kurang setuju dengan pendapat Anda
karena membolehkan siswa menggunakan HP di sekolah akan mengganggu konsentrasi
siswa dalam belajar.
Sanggahan : Saya memiliki pendapat berbeda dengan
Saudara. Menurut saya, siswa berkomunikasi dengan orang tua bisa menggunakan
telepon sekolah. Adapun jika membebaskan siswa menggunakan HP untuk berinternet
sangat berisiko digunakan bermain.
B.
Soal
1)
Untuk
memotivasi belajar siswa, orang tua diwajibkan memberikan uang saku lebih
kepada anaknya.
Sanggahan yang paling santun terhadap pernyataan
tersebut adalah ....
a. Pendapat tersebut
saya rasa sangat tidak baik, karena malah dapat menjerumuskan anak untuk
berbuat tidak baik.
b. Saya kurang setuju
dengan pendapat tersebut karena dengan uang saku lebih tidak menjamin motivasi
belajar siswa meningkat.
c. Saya setuju dengan
pendapat tersebut karena dengan uang saku lebih, siswa dapat memenuhi segala
kebutuhannya.
d. Saya tidak setuju
dengan pendapat tersebut karena tidak semua orang tua dapat memberikan uang
saku yang lebih kepada anaknya.
2)
Kalimat
untuk menyanggah pendapat seseorang dalam suatu diskusi yang paling santun
adalah ....
a. Pentas seni memang
perlu, tapi apakah Saudara lupa kalau tanggal-tanggal tersebut sudah mendekati
waktu ujian nasional?
b. Kalau mau
mengadakan pentas seni lihat dulu agenda sekolah! Tanggal-tanggal tersebut mendekati
waktu ujian nasional.
c. Pendapat Saudara
memang bagus, tetapi lihat dulu agenda sekolah! Tanggal-tanggal tersebut waktu
apa?
d. Pendapat Saudara
memang bagus, tetapi pertimbangkan juga waktu pelaksanaanya.
3)
Kalimat
penolakan pendapat yang paling tepat adalah ....
a. Saya rasa pendapat
Saudara tidak logis, maka perlu dipikirkan lagi.
b. Saya tidak setuju
dengan pendapat tersebut.
c. Saya tidak setuju
dengan pendapat Amin karena tidak berdasar.
d. Sebaiknya pendapat
Saudara Tino pelu diperimbangkan lagi karena hal itu saya rasa sulit
dilaksanakan.
Bacalah teks
berikut ini!
|
4)
Berdasarkan
kutipan berita di atas, kalimat nomor yang termasuk fakta adalah ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah teks
berikut ini!
E.
|
5)
Berdasarkan kutipan berita tersebut, kalimat opini yang terdapat dalam
berita adalah …
A.
Banjir bandang yang melanda dua desa
menghanyutkan lima unit rumah.
B.
Menurut Yosefina, banjir di dua desa
itu terjadi akibat meluapnya sungai karena hujan yang tinggi terus mengguyur
wilayah itu.
C.
Lima unit rumah tersebut berada di
Desa Supun dan Desa Upfaon.
D.
BPBD Kabupaten TTU juga mendata
sejumlah tanaman perkebunan warga yang rusak akibat banjir bandang.
6)
Rangkuman
A.
Uraian materi
Rangkuman adalah cara
menyajikan karangan yang panjang dalam bentuk singkat.
Rangkuman mempertahankan
urutan isi dan sudut pandang pengarang.
Langkah-langkah
merangkum:
• Mengenali identitas buku/ bacaan.
• Membaca bacaan secara keseluruhan.
• Menentukan gagasan utama bacaan.
• Menyusun pokok-pokok pikiran menjadi inti sari cerita.
Merangkum buku ilmu
pengetahuan populer adalah mengambil inti sari dari buku pengetahuan yang
disukai banyak masyarakat dan menuliskan kembali dalam catatan singkat. Buku
ilmu pengetahua populer biasanya bahasanya ringan, komunikatif, dan isinya
mudah dipahami.
Contoh:
Judul buku : Bertanam Cabai Rawit dalam
Polybag
Jumlah halaman : 56
Penerbit : Penebar Swadaya,
Jakarta
Setiap lapisan
masyarakat Indonesia pasti mengenal cabai rawit. Tanaman ini seperti menjadi
keperluan pokok setiap keluarga. Pada saat musim hujan cabai rawit sangat mudah
dijumpai dan harganya murah. Pada musim kemarau cabai rawit harganya mahal.
Penyebab hal tersebut adalah penanaman pada musim kemarau menghasilkan buah
sedikit. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah penanaman cabai
rawit dalam polybag/ kantung plastik.
Dengan cara tersebut cabai rawit segar dapat tersedia setiap saat. Buku
ini disusun agar pembaca dapat memenuhi kebutuhan cabai rawit bagi rumah tangga
sendiri dengan memanfaatkan pekarangan.
B.
Soal
1)
Simak kutipan buku
berikut!
Bertanam Cabai
Rawit dalam Polybag
Setiap lapisan masyarakat Indonesia pasti
kenal dengan yang namanya cabai rawit. Tanaman yang satu ini seakan menjadi
keperluan pokok setiap keluarga. Jadi, pantas jika permintaan terhadap cabai
rawit ini selalu ada setiap harinya. Pada saat musim hujan, cabai rawit sangat
mudah dijumpai dengan harga murah. Bagaimana saat musim kemarau?
Pada musim kemarau cabai rawit tidak mudah
diperoleh sehingga harganya mahal. Salah satu penyebab hal tersebut adalah
penanaman cabai rawit di lahan pada musim kemarau menghasilkan buah yang sangat
sedikit. Hal ini disebabkan akar tanaman buah tersebut sulit menembus tanah
kering untuk mendapatkan air dan zat makanan. Salah satu cara mengantisipasi
keadaan tersebut adalah penanaman cabai rawit dalam polybag atau kantung
plastik.
Butir-butir dari
kutipan buku pengetahuan populer tersebut adalah ....
a. Saat musim
penghujan cabai mudah didapatkan.
Cabai rawit
menjadi kebutuhan pokok.
Musim kemarau
cabai harga mahal.
Solusi penanaman
cabai pada polybag.
b. Cabai rawit
menjadi kebutuhan pokok.
Saat
musim penghujan cabai mudah didapatkan.
Musim
kemarau cabai harga mahal.
Solusi
penanaman cabai pada polybag.
c. Cabai rawit
kebutuhan pokok.
Musim penghujan
harganya mahal.
Musim kemarau
cabai harga murah.
Solusi penanaman
cabai pada polybag.
d. Pentingnya menanam
cabai pada polybag.
Cabai rawit
menjadi kebutuhan pokok.
Musim kemarau
cabai harga mahal.
Musim penghujan
cabai harga murah.
2)
Masker
wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat
mengurangi lemak. Masker cokelat dapat melembabkan kulit wajah. Masker
bengkoang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan
secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan
manfaat yang ingin kita peroleh.
Rangkuman bacaan
di atas adalah ....
a. Masker lumpur
mengurangi lemak.
b. Gunakan masker
sesuai dengan kulit
c. Fungsi masker dan
penggunaannya
d. Masker membuat
kulit wajah berseri
3)
Perhatikan
langkah-langkah menyusun rangkuman di bawah ini!
1)
Mencatat ide pokok tiap-tiap bab atau sub-bab
2)
Membaca wacana secara keseluruhan
3)
Menyusun rangkuman
4)
Menyusun kerangka rangkuman
5)
Mencatat identitas buku
Langkah-langkah
yang tepat menyusun rangkuman adalah ....
a. 2-5-1-4-3
b. 5-1-2-4-3
c. 5-4-1-2-3
d. 5-2-1-4-3
4)
Hobi membaca tidak hanya bermanfaat dalam
memberikan wawasan baru. Kegemaran membaca dan menulis yang dimulai sejak kecil
ternyata dapat memberikan manfaat yang baik bagi otak hingga usia tua. Sebuah
penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang aktif menggunakan otaknya untuk
berpikir, menulis, dan membaca, cenderung mempunyai otak yang tetap tajam dan
cemerlang saat mereka memasuki usia lanjut.
Penelitian ini menemukan bahwa aktivitas
yang bisa merangsang otak seperti menulis dan membaca diketahui dapat mencegah
seseorang dari kepikunan dan masalah ingatan lainnya saat mereka berusia tua.
Kalimat yang tidak
perlu dituliskan dalam rangkuman adalah ....
a. Kegemaran membaca
menunjang kerja otak.
b. Sering membaca
menunjang kepikunan otak.
c. Aktif membaca
membuat otak menjadi tajam.
d. Membaca dan
menulis bisa merangsang otak.
5)
Simak
kutipan paragraf berikut!
1) Lumpur panas
menggenangi sedikitnya 25 pabrik. 2) Tidak hanya itu, 1.810 rumah warga di
Kecamatan Prorong dan Tanggulangin, Kabupaten Sidoharjo juga tergenang. 3) Kini
sekitar 70 % warga kehilangan pekerjaan. 4) Mereka rata-rata bekerja di sektor
informal, termasuk industry rumah tangga yang kini terendam lumpur panas.
Berdasarkan teks
di atas, kalimat pernyataan yang merupakan kalimat pendapat adalah …
A.
Kalimat
nomor 1
B.
Kalimat
nomor 2
C.
Kalimat
nomor 3
D.
Kalimat
nomor 4
6)
Manakah
di antara pernyataan berikut ini yang fakta!
A.
Sebuah
benda diduga merupakan prasasti di pagar Pendopo Pengayoman, Temanggung.
B.
Tim
Balai Arkeologi Yogyakarta menduga prasasti berhuruf Kawi itu merupakan
peninggalan zaman Mataram Kuno.
C.
Temuan
prasasti itu terjadi pada saat para pekerja bangunan membuat pondasi pagar
Pendopo Pengayoman.
D.
Balai
Pelestarian cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menduga prasasti berhuruf kawi itu
merupakan peninggalan zaman Mataram Kuno.
7)
Menulis berita
A.
Uraian materi
Berita adalah laporan
tercepat dari suatu peristiwa/ kejadian yang faktual, penting, menarik, dan
menyangkut kepentingan pembaca. Berita dapat dikatakan bernilai apabila berita
tersebut cepat/ aktual, nyata/ faktual, penting, dan menarik.
Langkah dalam menulis
berita antara lain sebagai berikut,
a. Menentukan topik berita
b. Mengumpulkan data dengan wawancara dan observasi
c. Mengklasifikasikan data
d. Menulis berita
Bentuk penyajian
berita adalah piramida terbalik. Hal ini agar mudah dalam pengeditan berita dan
pembaca menemukan isi berita.
Judul
→ Teras berita (memuat informasi yang penting dan singkat)
→ Tubuh berita (penjelasan proses peristiwa)
B.
Soal
1)
Simak informasi
berikut!
1.
|
Apa
|
Tabrakan maut
|
2.
|
Kapan
|
Senin pukul 17.30 WIB
|
3.
|
Di mana
|
Perempatan Jalan Ngabean, Yogyakarta
|
4.
|
Siapa
|
sopir truk dan dua pengendara motor
|
5.
|
Mengapa
|
Sopir terkejut karena pengendara
memotong jalan di tikungan.
|
Jika pokok-pokok
berita di atas disusun menjadi berita langsung yang menarik adalah ....
a. Tabrakan maut
terjadi di perempatan Jalan Ngabean, Yogyakarta antara truk dengan pengendara
motor pada Senin, 17.30 WIB. Kecelakaan terjadi karena sopir terkejut karena
pengendara sepeda motor memotong jalan di tikungan.
b. Senin, 17. 30 WIB terjadi kecelakaan antara
truk dengan pengendara motor di perempatan Jalan Ngabean, Yogyakarta. Kedua
pengendara motor tewas di tempat.
c. Tabrakan maut terjadi antara truk dengan
pengendara motor pada Senin, 17.30 WIB. Kecelakaan terjadi karena sopir
terkejut karena pengendara sepeda motor memotong jalan di tikungan.
d. Tabrakan maut terjadi di perempatan Jalan
Ngabean, Yogyakarta pada Senin, 17.30 WIB. Kecelakaan terjadi karena sopir
terkejut karena pengendara sepeda motor memotong jalan di tikungan.
2)
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo
menyabet dua lomba tingkat Jateng. Satpol PP meraih juara 1 lomba penanganan
penegakan peraturan daerah (Perda) dan juara 1 kader siaga trantib (KST). Kedua
tropi juara diberikan saat apel gelar pasukan memeringati Hari Ulang Tahun
(HUT) ke-67 Satpol PP dan HUT ke-55 Linmas di Halaman Stadion Manahan Solo,
Selasa (21/3). (Solopos, 24 Maret
2017)
Pokok-pokok berita
yang sesuai dengan isi berita adalah ....
a.
Apa
|
Pemberian tropi
juara kepada Satpol PP Sukoharjo.
|
Siapa
|
Satpol PP
Sukoharjo.
|
Di mana
|
Halaman Stadion
Manahan.
|
Kapan
|
Selasa (21/3).
|
Mengapa
|
Satpol PP meraih
juara 1 lomba penanganan penegakan perdan juara 1 kader siaga trantib.
|
b.
Apa
|
Satpol PP
berhasil menyabet 2 juara.
|
Siapa
|
Satpol PP
Sukoharjo.
|
Di mana
|
Stadion Manahan
.
|
Kapan
|
Selasa (21/3).
|
Mengapa
|
Kedua tropi
juara diberikan saat apel gelar pasukan.
|
c.
Apa
|
Prestasi Satpol
PP Sukoharjo.
|
Siapa
|
Satpol PP
Sukoharjo.
|
Di mana
|
Halaman Stadion.
|
Kapan
|
Selasa (21/3).
|
Bagaimana
|
Kedua tropi
juara diberikan saat apel gelar pasukan.
|
d.
Apa
|
Satpol PP
berhasil menyabet 2 juara.
|
Siapa
|
Satpol PP
Surakarta.
|
Di mana
|
Stadion Manahan.
|
Kapan
|
Selasa (21/3).
|
Mengapa
|
Satpol PP meraih
juara 1 lomba penanganan penegakan perdan juara 1 kader siaga trantib.
|
3)
Cermati
teks berita berikut!
Boyolali-Bencana angin puting beliung
kembali mengamuk di wilayah Boyolali. Ratusan rumah di wilayah Desa Butuh,
Kecamatan Mojosongo dan Desa Penggung, Kecamatan Boyolali Kota, serta Desa
Ngargosari Kecamatan Ampel dilaporkan rusak. (Joglosemar, 6 Februari 2017)
Unsur berita yang tidak terdapat dalam teks berita di atas adalah ….
A.
Apa
B.
Di
mana
C.
Bagaimana
D.
Kapan
8)
Novel Remaja
A.
Uraian materi
Novel adalah cerita
yang mengisahkan sisi utuh problematika kehidupan seseorang atau beberapa tokoh. Novel dibangun oleh unsur yang membangun makna dari dalam karya sastra
yang diistilahkan unsur intrinsik. Unsur intrinsik novel meliputi tema,
penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat.
a.
Tema
Tema adalah
gagasan utama cerita. Contoh, kemanusiaan,
kekuasaan, kasih sayang, kecemburuan, kebaikan, pelampiasan emosi, dsb.
Cara menemukan tema adalah
mengidentifikasi masalah tokoh,
menemukan penyelesaian masalah, dan menyimpulkan tema.
b.
Penokohan
Tokoh merupakan orang
yang memerankan cerita. Penokohan adalah cara pengarang dalam menggambarkan
watak atau karakter tokoh baik kedaan lahir maupun batin. Jenis tokoh ada tokoh
utama dan tokoh tambahan. Ada pula jenis tokoh protagonis, tritagonis, dan
antagonis.
Penggambaran watak
tokoh dilakukan dua cara yakni,
a) Melalui teknik analitik, penelasan secara langsung oleh pengarang dalam
cerita
b) Melalui teknik dramatik, penjelasan secara tidak langsung melalui, penggambaran
fisik, dialog tokoh, lingkungan tokoh, jalan pikiran, dan
diceritakan tokoh lain.
c.
Latar
Latar atau setting
merupakan penggambaran tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam
novel. Latar
dibagi menjadi 3:
1.
Latar
tempat: menyaran pada tempat seperti desa, sungai, jalan, hutan, dsb.
2.
Latar
waktu : menyaran pada waktu seperti malam, sore, pagi, musim hujan,
3.
Latar
sosial: menyaran pada perilaku kehidupan sosial masyarakat seperti adat,
tradisi, kebiasaan, keyakinan, status sosial, dsb.
d.
Alur
Alur disebut pula
plot. Alur adalah rentetan peristiwa yang terjalin dalam cerita. Ada lima
tahapan alur:
c) Tahap pengenalan
situasi : Penggambaran
suasana cerita.
d) Tahap pemunculan
konflik : Masalah awal.
e) Tahap peningkatan
konfliks :
Masalah semakin berkembang.
f) Tahap klimaks : Pertentangan
antar tokoh
g) Tahap penyelesaian : Penyelesaian
masalah.
Mengidentifikasi alur dengan menjelaskan peristiwa yang terjadi di setiap
tahapan alur. Kemudian menyimpulkan gambaran umum alur cerita.
Tokoh mengalami konflik dalam cerita. Persoalan yang dihadapi tokoh disebut konflik. Ada 3 jenis konfilk yakni,
1) Konflik batin adalah konflik manusia dengan
dirinya sendiri
2) Konflik sosial adalah pertentangan manusia dengan
sesama manusia
3) Konflik lingkungan adalah pertentangan manusia
dengan lingkungan sekitarnya.
Ada 3 jenis alur
antara lain
1)
Alur maju (progresif)
adalah alur yang menunjukkan cerita, mulai dari tahap
perkenalan, penampilan masalah, dan tahap penyelesaian
2)
Alur mundur
(regresif) adalah alur yang menceritakan masa lampau
3) Alur campuran adalah penggabungan antara alur maju dan mundur.
e.
Sudut pandang
Sudut pandang
merupakan posisi pengarang dalam membawakan cerita.
Sudut pandang ada 2:
§ Sudut pandang orang pertama : pengarang
berperan sebagai orang pertama (metode aku).
§ Sudut pandang orang ketiga : pengarang
sebagai pengamat. Memakai ia, dia, atau
nama orang. (metode diaan)
f.
Amanat
Amanat merupakan
ajaran moral yang disampaikan pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Untuk mendapatkan amanat maka harus dibaca cerita
secara tuntas berulang kali. Contoh amanat adalah pentingnya
menghargai tetangga, hendaknya menyantuni tetangga yang miskin.
B.
Soal
1)
Lia bercerita
kepada adiknya tentang
pengalamannya di pasar tadi pagi. Waktu
itu, ia berhasil menangkap pencuri dan
mengembalikan dompet Bu Lasmi. Lia berada di
dekat Bu Lasmi. Lia mengetahui jika ada orang yang mencuri dompet Bu Lasmi. Ia
berusaha mengejar pencuri dompet
itu. Akhirnya, ia berhasil mendapatkan dompet dengan bantuan warga setempat.
Alur yang digunakan dalam kutipan cerita di atas
adalah ....
2)
“Kemana
liburan ‘As?” Tanya Lindang yang sedang kecewa berat karena ditolak Satpam
masuk pusat perbelanjaan di daerah elit. Soalnya mereka masih menggunakan
seragam sekolah dan seragam sekolah sudah penuh coret-coretan.
Latar tempat
penggalan novel di atas adalah ....
a.
Pak
satpam sekolah
b.
Sekolah
dan kelas
c.
Pusat
perbelanjaan
d.
Di
rumah Lindang
3) Selagi orang sibuk
membicarakan lenyapnya jambu Bangkok milik Pak Somat. Jalal membayangkan
teman-temannya sedang asyik menikmati betapa lezatnya jambu yang berdarah
Bangkok. Air liurnya bangkit ... Tapi pikiran itu dibuangnya jauh-jauh, ia
bersyukur tadi telah menolak ajakan teman-temannya mencuri jambu Pak Somat.
Dari penggalan cerita di atas hal yang
pantas diteladani adalah ....
a. Membicarakan
lenyapnya jambu bangkok.
b. Ajakan
teman-temannya untuk mencuri jambu bangkok.
c. Bersyukur telah
menolak ajakan teman-temannya mencuri jambu bangkok.
d. Membayangkan
teman-temannya yang menikmati jambu Bangkok.
4)
“Maaf
ya liburan nanti aku tidak bisa berlibur bersama kamu,” ujar Melanie saat
berjalan di antara bunga yang ditemani rerumputan. “Tidak apa-apa, kebetulan,
aku juga mau liburan, kok sama keluargaku. Sebenarnya tadi aku akan mengajak
kamu, tapi kamu sudah bilang seperti itu, ya sudah nggak jadi, deh,” jawab
Sandra sahabat Melanie.
“Berarti, kita
sama-sama berlibur, kan?” kata Melanie.
“Betul ... betul
.. betul ... hehehe,” gurau Sandra.
Setelah itu,
Sandra dan Melanie masuk kelas. Di kelas, mereka duduk sebangku.
Latar dalam kutipan
novel adalah ....
a. Taman
b. Kelas
c. Kantin
d. Perpustakaan
5)
Dengan
susah payah lelaki itu menopang orang tersebut menuju rumahnya yang berada di
seberang sungai.
“Nurhayati, cepat bantu Bapak!”
“Siapa itu, Pak?”
“Jangan tanya dulu! Cepat bantu Bapak!”
“Baik, Pak!”
“Tadi sewaktu memancing Bapak menemukan
orang ini hanyut di sungai. Tanpa berpikir panjang Bapak langsung menolongnya.”
“Kasihan orang ini, Pak. Keadaannya sangat
mengkhawatirkan.”
“Siapkan pakaian Bapak untuk orang ini!
Kemudian masak air. Bapak akan berusaha mengobati luka-lukanya.”
Dikutip dari:
Hairudin, Nika Beronta, Bandung,
Pakar Raya, 2006
Tokoh Bapak dalam
kutipan novel di atas memiliki watak ....
a. Suka menolong
b. Murah hati
c. Bijaksana
d. Rajin
6)
Stasiun
kereta api terlihat sunyi. Entah karena sepi penumpang atau memang nggak ada
jadwal keberangkatan kereta. Bangku-bangku ruang tunggu yang biasanya penuh
orang menunggu kedatangan kereta, saat ini nggak satu pun terisi. Bahkan
petugas stasiun biasanya mondar-mandir dengan seragam biru pun nggak ada. ...
(Dikutip dari novel Rahasia Bintang)
Tahapan alur dalam cerita di atas adalah
....
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Penyelesaian
d. Peningkatan
konflik
7) Rumahnya kosong,
ibunya tentunya sedang pergi entah ke mana. Sejak ditinggal ayahnya beberapa
tahun yang lalu, Mawar, murid kelas lima yang wajahnya selalu tampak
kemerah-merahan itu, tinggal bersama ibunya saja di rumah yang dibeli dengan
uang peninggalan suaminya. Lelaki itu meninggal dalam menjalankan tugas sebagai
reporter dan mendapatkan semacam uang pesangon yang lumayan jumlahnya. Cukup
untuk membeli sebuah rumah sederhana di sebuah perumahan agak di luar kota.
Ibunya kerja di rumah menerima jahitan pakaian anak-anak dan wanita.
Sudut pandang cerita di atas adalah ....
a. Sudut pandang
orang pertama
b. Sudut pandang
orang ketiga
c. Sudut pandang
orang ketiga sebagai pengamat.
d. Sudut pandang
orang pertama sebagai pengamat.
8)
“Coba ambilkan obat itu, Nak!” kata seorang
ibu sambil berbaring di balai-balai. “Ini, Bu …! Tenanglah! Jangan memikirkan
yang lain. Ibu mesti istirahat, “ kata anak sambil memberikan obat yang sudah
diletakkan di sendok. “Sudah lama rasanya ibu berbaring begini … Nak.
Merepotkan …! (batuk). Padahal, kamu harus ujian. Coba kalau ayahmu masih ada
….” “Sudahlah, Bu! Jangan disusahkan lagi! Biarlah arwah ayah tenang di
tempatnya. Saya sudah kuat sejak ayah meninggal tiga tahun lalu. Saya sudah
besar, Bu!”
Karakter tokoh Anak dalam petikan novel di
atas adalah ….
A.
Sabar
B.
Peduli
C.
Tekun
D.
Pasrah
9)
Semua
memang salahku, keluh Ruli seorang diri. Dia membaringkan tubuhnya di tempat
tidurnya dengan lesu. Kalau aku tidak terlalu keras kepadanya, Yoss pasti di
sini! Tangannya yang keriput meraba tempat tidur kosong di sisinya. Dan air
matanya meleleh. Dan matanya menatap foto Riyanto yang terpampang di dinding.
Riyanto yang dulu, yang sehat, yang gemuk, yang selalu tersenyum. Dan air mata
Bu Ruli mengalir makin deras, Di mana anakmu, Thole? Kembalikan Yoss pada ibu.
Alur yang dibunakan pada kutpan noel
tersebut adalah ....
A.
Alur
maju
B.
Alur
mundur
C.
Alur
campuran
D.
Alur
regresif
10)
Bagi
nenek, wibawa harus terus dijaga agar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur
keluarga. Bahkan, Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk
kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membuat kesalahan-kesalahan yang dibuat
suaminya. Tapi, dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak
laki-laki satu-satunya yang teramat ia kagumi dan terlalu sering membuat
masalah itu.
Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan novel di atas adalah ....
A.
Nenek
selalu mempermasalahkan suaminya.
B.
Nenek
selalu menjaga wibawanya.
C.
Cucu
nenek sering membuat masalah.
D.
Suami
nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.
9)
Puisi bebas
A.
Uraian materi
Puisi adalah karya
sastra menggunakan kata-kata yang indah dan kaya akan makna. Penyusunan
bahasanya terikat oleh rima, matra, irama, dan larik serta bait.
Unsur-unsur puisi
a.
Struktur
fisik : Tipografi, Kata
konkret , Diksi
, Imaji
, Gaya
Bahasa , Rima/irama
b.
Struktur
batin : Tema
, Nada, Perasaan/suasana
, Amanat
Keterangan Struktur Fisik:
Diksi, yaitu pemilihan
kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Pemilihan
kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan
urutan kata.
Imaji, yaitu kata atau
susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti
penglihatan, pendengaran, dan perasaan.
Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu
a)
imaji
suara (auditif), : Kicau burung bersahut-sahutan
b)
imaji
penglihatan (visual): Birunya langit tak sebiru hatiku
c)
imaji
raba atau sentuh (imaji taktil). : Halusnya sutra berpadu dengan kasihmu.
Gaya
bahasa, yaitu penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek
dan menimbulkan konotasi tertentu. Adapaun
macam-amcam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, hiperbola,
Rima/Irama adalah persamaan
bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi. Rima mencakup aliterasi (pengulangan
huruf/kata) dan asonansi (pengulangan bunyi
Keterangan Struktur Batin
Tema/makna : gagasan utama
penyair dalam puisi. Tema ketuhanan, kemanusiaan, patriotisme.
Rasa (feeling), yaitu sikap
penyair dalam puisinya. Seperti
kegelisahan, kerinduan, dan sebagainya
Nada (tone), yaitu sikap
penyair terhadap pembacanya. Contoh: Nada kritik dengan suasara
pemberontakan.
Amanat yaitu pesan yang
ingin disampaikan penyair kepada pembaca.
B.
Soal
1)
Cermatilah puisi
berikut!
Pahwalan Tak
Dikenal
Sepuluh tahun yang lalu, dia terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah lubang peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya berkata, kita sedang perang
Dia tidak tahu bilamana ia datang
Kedua tangannya memeluk senapan
Dia tidak tahu untuk siapa dia datang
Kemudian dia terbaring, tetapi bukan
tidur, sayang
…….
(Toto Sudarto Bahtiar)
Puisi “Pahlawan Tak Dikenal” menuturkan
tentang ….
A.
Seseorang
yang sedang berjuang di medan perang.
B.
Pemimpin
perang sedang memimpin pertempuran.
C.
Kematian
seorang pejuang karena tertembak.
D.
Seseorang
yang terbaring sakit karena tertembak di medan pertempuran.
2)
Tema
puisi Pahlawan Tak Dikenal adalah ….
A.
Romantisme
B.
Heroisme
C.
Religious
D.
Social
3)
Keindahan
puisi di atas terlihat dari kepandaian penyair memilih kata. Salah satunya
adalah kata terbaring. Makna kata
tersebut adalah ….
A.
Tidur
B.
Sakit
C.
Pingsan
D.
Gugur
4)
Cermati puisi berikut!
….….
Akan sia-sia belaka
Di vas yang salah
Bungaku tak pernah layu
Merekah sepanjang waktu
Malah selalu
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut adalah ….
A.
Kumbang
hinggap di sana
B.
Merebak
aroma
C.
Memiliki
duri menusuk
D.
Tumbuh
di halaman
5)
Perempuan setengah baya
Perempuan setengah baya
Menenteng keranjang, berbaju kumal
Tersaruk-saruk di terminal
Jemari kerut dan gemetar
Makna simbolik kalimat menenteng keranjang, berbaju kumal
adalah ….
A.
Kemiskinan
B.
Kesengsaraan
C.
Penderitaan
D.
Keprihatinan
6)
Kapal laut
Lihatlah sebuah titik
Titik itu terus menggelinding
Kuat tiada …
Walau diterjang ombak diterpa angina
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut agar berima sama dengan baris sebelumnya adalah ….
A.
Gentar
B.
Berkelit
C.
Menjauh
D.
Bergeming
7)
Bencana
Kini kota menjadi mati
Kaku dan membeku
Aku sungguh tak sanggup
Melihat orang menjadi ikan
Dihanyutkan bandang
Selepas gaduh di pagi benderang
Aku benar-benar kehilangan sejarah
Tentang cerita yang memendam rasa
Suasana yang terdapat dalam kutipan puisi
di atas adalah ….
A.
Kegalauan
B.
Kepiluan
C.
Kekacauan
D.
Kesadisan
8)
Bertudung
langit selalu biru
Tempat cahaya selalu benderang
Tempat udara selalu bersih
Tempat angin selalu nikmat
[ ... ]
Larik bermajas untuk melengkapi bagian
rumpang puisi tersebut adalah ....
A. Tempat menari si burung camar
B. Di tempat sepi, di mana hanya
C. Di sana kuingin berkubur
D. Di pundakmu wahai lbuku
9) Sepuluh November
Saat itu
Api yang
membakar dadamu
mengukuhkan semangat juangmu
Saat ini
Meskipun jasmanimu cacat
Jiwamu, pahlawan
Memihak yang benar
Semangat yang benar
Semangat itu bergemuruh di dada
Di hati para pemuda
Makna kata Api yang dicetak tebal dalam puisi di atas adalah . . . .
A. semangat
B. zat yang panas
C. suara
D. perjuangan
A. semangat
B. zat yang panas
C. suara
D. perjuangan
10)
Buatlah
sebuah puisi bebas (minimal 2 bait). Jangan lupa perhatikan unsur
persajakannya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar