Selasa, 23 Mei 2017

Latihan Soal Uraian UKK 2017/2018 Kelas 8



Latihan Soal Uraian Sukses UKK 2017/2018 Kelas 8
1.      Jelaskan perbedaan dan persamaan dari segi isi dan penyajian dari kedua berita berikut!
Berita 1
Komite Museum Radya Pustaka memilih jalan kekeluargaan daripada jalur hukum untuk menarik kembali koleksi museum yang jatuh ke tangan perorangan atau lembaga. Salah satu upaya untuk merealisasikan niat itu adalah dengan mengadakan pembicaraan pihak Komite Museum dengan lembaga Institut Seni Indonesia (ISI).
(Senin, 17 Mei 2009.)
Berita 2
Dalam catatan agenda diterangkan ada 20 naskah yang dipinjam ISI pada 7 Desember 1991. Menurut ketua komite museum, Winarso Kalinggo, sebanyak 20 naskah yang dipinjam ISI bermacam-macam judul. Beberapa judul sudah diketahui, Kata dia, Sri Radya Laksama, Naskah kuno Carik, Naskah kuna jowo, dan naskah kuno berbahasa Indonesia. (Minggu, 10 Mei 2009)
2.      Anoa merupakan hewan khas Indonesia. Satwa ini berasal dari Sulawesi. Terdapat dua jenis spesies anoa yaitu anoa pegunungan dan anoa dataran rendah.
Habitat anoa yaitu hutan tropika dataran atau savana. Savana merupakan hamparan padang rumput yang luas. Di Savana juga terdapat pohon-pohon yang letaknya saling berjauhan.
Buatlah rangkuman berdasarkan bacaan di atas!
3.      Cermatilah ilustrasi dan susunlah menjadi teks berita lengkap dan menarik!
a.       Peristiwa yang terjadi : Pesawat Sriwijaya Air tergelincir.
b.      Orang yang ada dalam peristiwa : 131 penumpang dan awak pesawat.Tidak ada korban jiwa.
c.       Tempat terjadi: di Bancara Adi Sutjipto.
d.      Waktu : Rabu, 28 Desember 2011, pukul 17.15
e.       Penyebab terjadi : Cuaca buruk
4.      Buatlah sebuah puisi dengan unsur perasajakan lengkap!
5.      Jelaskan latar dan penokohan dalam kutipan novel di bawah ini!
Tok...tok...tok...Semua mata mengarah ke pintu. Dengan langkah diseret-seret, anak laki-laki masuk ke kelas. Rambutnya awut-awutan dan kemejanya dikeluarkan.
            “Wess! Bule abis begadang!”celetuk seorang anak. Anak berambut merah itu melotot ke murid yang mengusilinya. Veteran kelas dua tahun lalu itu memang gampang tersinggung. Bawaannya mau berkelahi saja. Teman-teman sekelasnya lebih suka menghindar daripada berurusan dengannya. Bukannya takut, tetapi buat apa ribut-ribut untuk urusan sepele.sudah empat kali pertemuan ia bolos. Tapi rupanya, Bu Rini belum mengenal wataknya.

(Dian Yasmina Fajri, Apa pun Namanya,
Melati Tetap Harum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar