Minggu, 05 Maret 2017

Latihan Soal Bahasa Indonesia kelas 7 persiapan UTS 2


Bahasa Indonesia kelas 7 SEMESTER 2
*      Kisi-kisi Ulangan Tengah Semester 2
1.      Biografi
2.      Gagasan utama dalam teks
3.      Menarasikan wawancara
4.      Kalimat langsung dan tidak langsung
5.      Memo
6.      Puisi
7.      Menulis Puisi
8.      Cerita Pendek: Unsur Intrinsik
9.      Realitas kehidupan cerita pendek
10.  Cerita tokoh idola
*      Latihan Soal
I.     Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang paling benar dengan menyilang jawaban pada lembar jawaban yang tersedia!
Kutipan biografi untuk soal nomor 1- 3!
Sebelum menjadi pejabat pemerintah, Dahlan Iskan adalah sosok penguasa media di Indonesia. Pria Kelahiran Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951 ini adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Network. Perusahaan yang ia pimpin memiliki 80 jaringan surat kabar, tabloid, dan majalah. Dahlan Iskan juga memiliki jaringan percetakan di seluruh Indonesia.
Karier Dahlan Iskan sebagai raja media di Indonesia bermula ketika dia memulai karier sebagai calon reporter di sebuah surat kabar kecil di Samarinda, Kalimantan Timur pada tahun 1975. Setahun kemudian ia menjadi wartawan untuk majalah Tempo. Pada tahun 1982, Dahlan Iskan telah menjadi pemimpin di surat kabar Jawa Pos hingga saat ini. Saat Dahlan Iskan ditunjuk menjadi pimpinan Jawa Pos, koran tersebut hampir bangkrut karena kalah bersaing. Perputarannya saja hanya 6.800 eksemplar. Namun, Dahlan tidak berputus asa. Ia mencari akal untuk menyelamatkan Jawa Pos. Ia memutuskan ide cemerlang bahwa Jawa Pos terbit pada pagi hari. Ia berhasil merubah kebiasaan masyarakat dari membaca koran di sore hari menjadi pagi hari. Dalam 5 tahun oplah Jawa Pos meningkat menjadi 300.000 eksemplar.
Dari surat kabar yang hampir gulung tikar, Dahlan Iskan menjadikan Jawa Pos menjadi surat kabar yang spektakuler dan Jawa Pos di bawah kepemimpinan Dahlan berhasil merubah kebiasaan masyarakat dari membaca koran di sore hari menjadi pagi hari.
1.      Kutipan biografi tersebut membahas ….

a.    Karier Dahlan Iskan di pemerintahan.
b.     Masa kecil Dahlan Iskan.
c.     Perjalanan hidup Dahlan Iskan.
d.    Karier Dahlan Iskan di dunia penerbitan

2.      Keistimewaan Dahlan Iskan dalam biografi di atas adalah ….
a.    Dalam lima tahun Dahlan Iskan berhasil menaikkan oplah Jawa Pos yang semula hanya 6.000 eksempler menjadi 300.000 eksemplar.
b.     Dahlan Iskan mengawali karier sebagai reporter di surat kabar kecil di Samarinda.
c.     Dahlan Iskan lahir di Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951
d.    Dahlan Iskan memimpin di surat kabar Jawa Pos.
3.      Hal yang dapat diteladani dari biografi Dahlan Iskan adalah ....
a.    Beliau disebut sebagai raja media di Indonesia.
b.     Menjadi CEO surat kabar Jawa Pos
c.     Beliau seorang yang tidak pernah berputus asa dan selalu mencari terobosan baru.
d.    Berhasil membuat surat kabar Jawa Pos sebagai surat kabar spektakuler.
4.      Karangan yang memuat tentang riwayat hidup tokoh dan sepak terjangnya yang ditulis oleh orang lain disebut ….

a.    Bibliografi
b.     Biografi
c.     Autobiografi
d.    Identitas diri

5.      Berikut ini yang bukan termasuk manfaat membaca buku biografi adalah ….
a.    Muncul kesadaran diri bahwa kita harus selalu belajar agar berhasil seperti mereka.
b.     Tumbuh rasa bangga kepada pahlawan di bidang apapun.
c.     Mendapatkan pengalaman hidup bahwa suatu keberhasilan diraih dengan kerja dan

pengorbanan.
d.    Membangun sikap skeptis dan pesimis terhadap masa depan.
6.      Simak biografi tersebut!
Danatro lahir di Sragen, Jawa Tengah, 27 Juni 1940. Beliau adalah penulis dan sastrawan Indonesia. Karyanya yang terkenal di antaranya kumpulan cerpen Godlob. Kumpulan cerpennya yang lain, Adam Ma’rifat, memenangkan Hadiah Sastra 1982 Dewan Kesenian Jakarta, dan Hadiah Buku Utama 1982. Tahun 2009, Danarto menerima Ahmad Bakrie Award untuk bidang kesastraan. Ia pernah bergabung dengan Teater Sardono, yang melawat ke Eropa Barat dan Asia, 1974. Perjalanan hidup Danarto kaya dengan pengalaman, baik dalam maupun luar negeri. Ia juga dikenal sebagai pelukis, budayawan, dan penyair.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ….
a.    Danarto pernah bergabung dengan Teater Sardono.
b.     Danarto memiliki hobi menulis hingga ke Kyoto, Jepang.
c.     Danarto menekuni hobi melukis sejak masa muda.
d.    Danarto pernah mendapatkan Ahmad Bakrie Award tahun 2009
7.      Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepak bola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah ...
a.    Menekuni profesi sebagai pesepakbola
b.     Menekuni profesi dengan giat berlatih.
c.     Menjadi striker utama di timnas.
d.    Mengorbankan keluarga untuk meniti karir.
8.      Hal yang merupakan keitimewaan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah ...
a.    Menekuni profesi dengan giat berlatih.
b.     Menekuni profesi sebagai pesepakbola.
c.     Menjadi striker utama di timnas.
d.    Mengorbankan keluarga untuk meniti karir.
9.      (1) aspek-aspek yang dapat diteladani dari sang tokoh.
 (2) identitas tokoh
 (3) keistimewaan atau kelebihan tokoh
 (4) riwayat perjalanan sekolah dan karir
Urutan yang tepat untuk menyajikan riwayat hidup tokoh adalah ....
a.    2,4,1,3
b.     2,4,3,1
c.     1,2,3,4
d.    1,2,4,3
10.  Pada tataran sekolah, kriteria pencapaian pendidikan karakter adalah terbentuknya budaya sekolah. Adapun budaya sekolah itu meliputi perilaku, tradisi, kebiasaan sehari-hari, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga sekolah. Perilaku warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah harus berlandaskan nilai-nilai tersebut.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
a.    Terbentuknya nilai-nilai dalam budaya sekolah.
b.     Terbentuknya budaya sekolah melalui nilai-nilai sekolah.
c.     Terbentuknya perilaku, tradisi, kebiasaan, dan simbol-simbol.
d.    Kriteria pencapaian pendidikan karakter di sekolah.
11.  Olahraga merupakan aktivitas yang bertujuan menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam keadaan baik. Aktivitas olahraga memberi banyak manfaaat bagi tubuh. Manfaat olahraga tidak hanya berpengaruh pada kesehatan jasmani, tetapi juga berpengaruh pada kondisi psikologi. Jika akivitas olahraga dilakukan secara rutin, peredaran tubuh akan lancar dan otot-otot yang tegang dapat menjadi kendor lagi. Dengan demikian, otak akan mendapat rangsangan yang lebih tenang.
Gagasan utama dalam paragraf tersebut adalah ....
a.    Pengertian olahraga
b.     Manfaat olahraga
c.     Pengaruh olahraga
d.    Aktivitas olahraga
12.  Bagi manusia bahasa merupakan alat komunikasi yang penting. Dengan bahasa manusia dapat menyampaikan isi hatinya kepada sesamanya. Dengan bahasa itu pula manusia dapat mewarisi dan mewariskan, menerima dan memberikan segala pengalamannya kepada sesamnya. Jelaslah bahwa bahasa merupakan sarana yang paling penting dalam kehidupan manusia.
Berdasarkan letak gagasan utama termasuk paragraf ....
a.    Deduktif
b.     Induktif
c.     Campuran
d.    Tersirat
13.  Pewawancara             : Apa bahaya rokok bagi kesehatan, Dokter?
 Dokter                        : Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok diantaranya kanker paru-paru,
kanker kandung kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
Teks wawancara di atas diubah menjadi teks narasi adalah ....
a.    Menurut pewawancara, bahaya rokok bagi kesehatan diantaranya kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
b.     Menurut dokter, bahaya yang ditimbulkan oleh rokok diantaranya kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
c.     Menurut dokter, rokok sangat berbahaya bagi laki-laki dan perempuan karena dapat menyebabkan kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
d.    Menurut dokter, rokok sangat berbahaya bagi perokok aktif dan pasif karena dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan.
14.  Siswa              : Benar dalam liburan ini sekolah kita akan berdarma wisata, Rahmad?
Ketua Osis     : Benar! Mengapa kamu bertanya?
Adi                  : Untuk meyakinkan diri. Darmawisata ke mana, Mad
Ketua Osis     : Belum dipastikan. Mungkin ke Kebun Raya Bogor, mungkin pula ke Pantai Pangandaran.
Adi                  : Mudah-mudahan ke Kebun Raya Bogor. Saya belum pernah ke sana.
Ketua Osis     : Nanti hasil rapat yang menentukan.
Narasi yang tepat dari wawancara adalah ....
a.    Seorang siswa bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa mereka akan berdarmawisata ke Kebun Raya Bogor.
b.     Seorang siswa bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa mereka akan berdarmawisata ke Pangandaran.
c.     Seorang siswa bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa belum ada kepastian berdarma wisata ke mana.
d.    Seorang siswa bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa mereka mungkin berdarmawisata ke Kebun Raya Bogor atau ke Pangandaran.
15.  Anwar menyuruh Ifah menunggu sebentar karena ia sedang memamakai sepatu.
     Jika kalimat tersebut dijadikan kalimat langsung adalah ....
a.     “Tunggu dulu, kata Ifah, saya sedang memakai sepatu, War!.”
b.     “Tunggu dulu, Fah!” kata Anwar, “Saya sedang memakai sepatu.”
c.     Ifah berkata, “Tunggu dulu, War!” saya sedang memakai sepatu.
d.    Ifah mengatakan kepada Anwar bahwa “Tunggu dulu, Fah!” saya sedang memakai sepatu.
16.  “Saya sangat bangga, sutradara sekarang banyak yang peduli dengan sastra,” ungkap Pak Zanuar.
Kalimat tidak langsung dari kalimat di atas adalah ....
a.    Pak Zanuar sangat bangga karena banyak sutradara sekarang yang peduli dengan dunia sastra.
b.     Sutradara mengatakan bahwa Pak Zanuar sangat bangga karena banyak yang peduli dengan dunia sastra.
c.     Pak Zanuar sangat bangga bahwa sutradara sekarang banyak yang peduli dengan dunia sastra.
d.    Sutradara mengatakan sangat bangga karena Pak Zanuar sekarang peduli dengan dunia sastra.
17.  Erwin, ketua tim futsal SMP Bina Nusantara, ke rumah Andre untuk mengajaknya latihan persiapan pertandingan futsal antar SMP se-Surakarta. Karena Andre tidak ada, Erwin menulis pesan singkat.
     Isi pesan singkat yang sesuai ilustrasi di atas adalah ....
a.    Erwin, nanti pukul 15.30 latihan persiapan pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Kutunggu di Bengawan Sport.
b.     Andre, nanti pukul 15.30 latihan persiapan pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Kutunggu di Bengawan Sport.
c.     Erwin, nanti pukul 15.30 ada pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Sekarang kita latihan. Kutunggu di Bengawan Sport.
d.    Andre, nanti pukul 15.30 ada pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Kita nonton, ya. Kutunggu di Bengawan Sport.
18.  Kepala sekolah memberikan mandat kepada pembina IPM untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadhan. Pembina IPM meminta agar para wali kelas menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi adalah ....
a.    Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
b.     Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya untuk melaksanakan bakti sosial dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.
c.     Kepala sekolah mengharapkan semua siswa turut menyumbangkan bulan suci Ramadhan dengan mengadakan bakti sosial.
d.    Wali kelas mengumpulkan barang apasa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.
19.  Pohon asam
Pohon randu sepanjang jalan
Pohon pina di hutan-hutan
Bait puisi di atas menggambarkan citraan ...
a.    Penglihatan
b.     Perasaan
c.     Pendengaran
d.    peraba
20.    Anak-anak menjerit-jerit
Asap panas membakar
Lahar dan badai menyapu bersih
Baris pertama puisi tersebut menggambarkan citraan ....
a.    Penglihatan
b.     Perasaan
c.     Pendengaran
d.    peraba
21.             Di sebuah kerajaan, ada seorang putri yang bernama putri Melati Wangi. Ia seorang putri yang cantik dan pandai. Di rumahnya ia selalu menyanyi. Sayangnya, ia seorang yang sombong dan suka menganggap rendah orang lain. Di rumahnya ia tidak pernah mau jika disuruh menyapu oleh ibunya. Selain itu, ia juga tidak mau jika disuruh belajar memasak. “Tidak, aku tidak mau menyapu dan memasak nanti tanganku kasar dan aku jadi kotor”, kata Putri Melati Wangi setiap kali disuruh menyapu dan belajar memasak.
            Berdasarkan cuplikan cerita anak di atas realitas kehidupan putri Melati Wangi adalah ....
a.    Putri Melati Wangi adalah anak yang cantik, pandai, dan rendah hati
b.     Putri Melati Wangi adalah anak yang suka menyanyi tetapi sombong
c.     Putri Melati Wangi adalah anak yang cantik dan rajin.
d.    Putri Melati Wangi adalah anak yang rajin dan pandai memasak.
22.  Matahari membara tepat di atas kepala, panas menyerang tanpa ampun, aspal meleleh, perutku kosong, kerongkongan kering. Aku melangkah seperti kerangka kayu yang reyot, pandangan  berkunang-kunang. Kami kehausan dan menderita dehidrasi, bahkan sudah tak lagi berkeringat. Aku tak sanggup apalagi waktu melewati danau, aku ingin sekali membatalkan puasaku, tapi saat aku menoleh kepada Arai, ia tersenyum menggeleng “Bertahanlah Ikal, Banu, kalian kan sedang puasa ... aku juga ikut puasa seperti kalian,” kata Arai. Memang agama mereka beda tapi mereka tapi mereka tidak mempermasalahkan hal itu.
Nilai kehidupan yang dapat kita petik dari kutipan di atas adalah ....
a.    Setiap bulan Ramadhan umat Islam melaksanakan ibadah puasa.
b.     Tersenyumlah saat kita sedang kesuasahan atau mendapat kesenangan.
c.     Hormatilah teman yang sedang dan akan melaksanakan ibadah.
d.    Pilihlah teman yang baik dan tidak berbeda keyakinan dengan kita.
23.  Atik segera berpindah. Sopir yang mengangkat tangan itu menandakan bahwa ia tidak butuh koran yang Atik tawarkan. Di mobil berikutnya pun ia mendapat jawaban yang sama.Di tangannya masih terdapat setumpuk koran dan beberapa tabloid. Ia terus berharap beban di tangannya berpindah dan berubah menjadi beberapa lembar rupiah. Lampu hijau menyala. Atik segera mencari tempat berteduh untuk mengambil napas. Menghirup sesaat udara kebebasan yang telah terenggut oleh keadaan.
            Realitas kehidupan yang tercermin dalam kutipan cerpen adalah ....
a.    Banyak anak yang putus sekolah dan menjadi penjual koran di sekitar lampu merah.
b.     Membaca koran atau tabloid sudah menjadi kebutuhan hidup manusia modern.
c.     Siang hari yang panas paling enak digunakan untuk berteduh di bawah pohon.
d.    Orang tua harus bertangggung jawab atas pendidikan anak-anaknya.
24.                   Laut
Berdiri aku di tepi pantai
Memandang lepas ke tangah laut
Ombak pulang memecah berderai
Keribaan pasir rindu berpaut
Baris ketiga dalam bait puisi di atas adalah ....
a.    Perumpamaan
b.     Metafora
c.     Personifikasi
d.    Hiperbola
25.  Seruling di pasir ipis merdu
              Antara gundukan pohon pina
            Tembang menggema di dua kai
            Burangrang-Tangkuban Perahu
             Citraan yang dominan dalam puisi di atas adalah ...
a.    Penglihatan
b.     Pendengaran
c.     Perasaan
d.    Perabaan
Bacalah untuk soal nomor 26-28!      
          Nyanyian Seorang Petani
Berilah kiranya yang terbaik bagiku
Tanah berlumpur dan kerbau pilihan
Biji padi yang manis
                        Berilah kiranya yang terbaik
                        Air mengalir
                        Hujan menyerbu tanah air
Bila masanya buahnya kupetik
Ranumnya kupetik
Rahmat-Mu kuraih
Abdul Hadi W.M
26.  Puisi di atas mengisahkan tentang ....
a.    Keluhan seorang petani
b.     Pujian seorang petani
c.     Doa seorang petani kepada Allah
d.    Kemarahan seorang petani
27.  Nada yang tepat membacakan puisi di atas adalah nada ....
a.    Memohon
b.     Sedih
c.     Kecewa
d.    Marah
28.  Ekspresi yang digunakan untuk membaca puisi di atas adalah ....
a.    Sedih
b.     Bahagia
c.     Khusyuk
d.    Haru
29.                                         Rembulan
Kau berjalan di atas bumi pertiwi
Dengan sinar keagunganmu
Walau sesaat kita bertemu
Di malam hari
....
          Larik bermajas untuk melengkapi puisi di atas adalah ....
a.    Cahayamu bersinar terang
b.     Rembulan menyinari bumi
c.     Engkau tersenyum padaku
d.    Dia bermanfaat sekali
30.  Malam itu aku duduk di teras rumah. Aku teringat, sahabatku yang sudah lama tidak bertemu. Kami selalu bersama dalam suka dan duka. Aku berusaha untuk melupakannya, tetapi aku tidak bisa.
Puisi di atas yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
a.    Untung tak bisa diraih
Malang tak bisa ditolak
Pertemuan dan perpisahan
Pasangan dalam setiap kehidupan
b.     Tiada mutiara sebening cinta
Tiada sutra sehalus kasih sayang
Tiada embun sesuci ketulusan hati
Tiada hubungan seindah persahabatan
c.     Tak ada kata yang tak terucap
Dari lubuk hati nan dalam
Tuk menghiasi indahnya harimu
Hanya doa kupanjatkan untukmu
d.    Dinginnya malam menemani hatiku
Terselimut kesedihan dan kerinduan
Jalan khayalku membumbung
Walau kucoba melupakanmu
Cerita berikut untuk soal nomor 31 dan 32!
Aku Cuma HP
“Mia tidak mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3 G seperti milik Tari, kata Mia ngotot kepada Mama.
“Ini kan masih bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
“Mia malu, Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting aku ke sofa.
Mama tidak tahu harus berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma kalau Mia sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
“Pokoknya Mia minta ganti, titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting daun pintu dengan keras.
Sumber: Yunior, edisi 09. Muslimin. 2007.
31.  Berdasarkan cerita di atas, Mia memiliki sifat ….


a.    Penurut
b.     Sombong
c.     Manja
d.    Baik hati


32.  Realitas kehidupan anak-anak sekarang yang terefleksi dalam cerita di atas adalah ….
a.    Patuh pada nasihat orang tua
b.     Membantah perintah orang tua
c.     Ingin tampil beda dari teman-temannya.
d.    Segala keinginan harus segera dipenuhi orang tua.
Kutipan cerita berikut untuk soal nomor 33 dan 34!
….
“Sebenarnya aku ingin tentang karya wisata.”
“Memang ada masalah apa?”
“Pagi tadi aku mengantarkan Ghani kulakan. Aku pun bertanya, apakah ia ikut, ternyata dijawab tidak. Tidak punya uang alasannya. Uang sebesar itu cukup besar bagi keluargaku katanya,” Agus menjelaskan.
“Terus?”sela Fauzia
“Maksudku … kuharap engkau mau membujuk Ghani agar mau berangkat. Nanti, biaya kita tanggung berempat. Kan tidak enak kita semuanya berangkat, sedangkan ia sendiri tertinggal,” usul Agus.
“Hmm,” Fauzia menarik nafas.
Sumber: Utoyo Dimyati, Janji Sepasang Merpati, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani, 2008.
        33.  Sifat tokoh Agus dalam kutipan cerita di atas adalah ….

a.    Ramah
b.     Sabar
c.     Penolong
d.    Patuh
34.  Nilai sosial yang terdapat dalam kutipan cerita adalah ….
a.    Ikut campur dalam permasalahan hidup orang lain.
b.     Membantu meringankan beban yang ditanggung sahabat
c.     Menyayangi sahabat seperti saudara sendiri
d.    Berdiam diri melihat sahabar mengalami kesusahan.
Bacalah kutipan cerita anak untuk soal nomor 1 dan 2!
Pada zaman dahulu hiduplah seorang petani sederhana bersama istrinya yang cantik. Petani sederhana bersama istrinya yang cantik. Petani itu selalu bekerja keras, tetapi istrinya hanya bersolek dan tidak memedulikan rumah tangganya. Mereka tinggal di rumah yang sangat sederhana dan hidup dari hasil pertanian sebagaimana layaknya keluarga petani.
Sang istri yang cantik itu tidak puas dengan keadaan mereka. Dia merasa, sudah selayaknya jika suaminya berpenghasilan lebih besar supaya dia bisa merawat kecantikannya. Untuk memenuhi tuntutan istrinya, petani itu bekerja lebih keras. Namun, sekeras apa pun kerja si petani, dia tak mampu memenuhi tuntutan istrinya. Selain minta dibelikan obat-obatan yang dapat menjaga kecantikannya, istrinya juga suka minta dibelikan pakaian yang bagus-bagus yang tentunya sangat mahal.
35.  Berikut adalah sikap tokoh yang harus kita hindari dari kutipan cerita anak tersebut, kecuali ....
a.    Selalu merasa tidak puas dengan keadaan.
b.     Bekerja keras untuk membahagiakan orang lain.
c.     Merawat diri hingga tidak memedulikan rumah tangga.
d.    Selalu menuntut kepada orang lain.
36.  Realitas yang tercermin dalam kutipan cerita di atas adalah ....
a.    Petani tidak akan dapat memenuhi tuntutan istrinya.
b.     Seorang suami harus berpenghasilan besar.
c.     Seseorang yang selalu menuntut dan tidak akan pernah merasa puas dengan hidupnya.
d.    Seorang istri harus menjaga kecantikannya dan minta dibelikan pakaian yang mahal.
37.  Tersebutlah dua orang jagoan yang selalu ingin menunjukkan dirinya lebih jago dari yang lain. Pada suatu hari, mereka bertemu di sebuah laut yang luas. Tanpa basa basi, mereka langsung saling menyerang. Mereka bertarung lama sekali hingga tubuh mereka bersimbah darah. Karena sama-sama kuat, tak ada tanda-tanda siapa yang akan kalah.
  Realitas yang tercermin dalam kutipan cerita  di atas adalah ....
a.    Pertempuran selalu saja terjadi di laut luas.
b.     Pertempuran selalu menimbulkan kesedihan.
c.     Tidak semua manusia dapat menghargai perbedaan.
d.    Dalam kehidupan ada saja manusia yang tidak mau kalah.
38.  Cermatilah cerpen berikut ini!
Upacara penguburan itu tak terkesan begitu khidmat, namun masih terasa sunyi. Sepasang suami istri meninggal karena bunuh diri. Aku ikut dalam upacara penguburan itu. Ah, bukan. Bukan upacara. Sulit aku mengatakannya bahwa peristiwa itu hanya mirip kegiatan beberapa orang mengubur bangkai binatang. Seorang menggali liang, empat orang membopong sepasang mayat suami istri tua itu. Dan aku memimpin doa bagi keluarga yang ditinggalkan. Seorang bocah sekitar sembilan tahun yang membisu dengan wajah kosong! Kami hanya bertujuh.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

a.    Di rumah kosong
b.     Di kuburan
c.     Di desa
d.    Di jalan
Kutipan berikut untuk soal nomor 39 dan 40!
Aku kembali dari perjalananku dua pekan kemudian bersama pemuda. Juga kemungkinan dapat mengirimkan ratusan, mungkin ribuan benda dagangan ke berbagai kios dan toko di Pantai Kuta serta sebuah toko eksklusif di Ubud yang ramai pengunjung. Setelah masa tunangan beberapa bulan, aku dinikahkan oleh seorang anak pemilik restoran di Sanur. Menurut adat, lebih dulu aku diangkat menjadi anak seorang pegawai rumah makan itu yang berkasta sudra supaya dapat kawin dengan upacara Hindu Bali.
Sumber: Cerpen “Ajaran Kehidupan Seorang Nenek” karya NH Dini.
39.  Pernyataan yang menunjukkan kaitan latar suasana dengan realitas kehidupan masyarakat Bali yaitu ….
a.    Tokoh aku melakukan perjalanan selama dua pecan.
b.     Di Kuta terdapat berbagai toko yang menjual berbagai dagangan sehingga sangat ramai.
c.     Tokoh aku menikah dengan anak pemilik restoran di Bali.
d.    Masyarakat Bali menerapkan system kasta.
40.  Latar sosial yang berkaitan dengan realitas kehidupan masyarakat Bali yaitu ….
a.    Masyarakat di Kuta dan Ubud sebagian besar berprofesi sebagai pedagang.
b.     Tempat wisata di Bali dikunjungi banyak wisatawan sehingga pendapatan daerah meningkat.
c.     Menurut adat Bali, pernikahan secara adat menerapkan sistem kasta.
d.    Setiap orang dari luar Bali bebas memilih kasta seperti yang dikehendakinya.


SELAMAT MENGERJAKAN!

Soal disalin di MS Word kemudian dikerjakan dan dikumpulkan tanggal 10 Maret 2017.



    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar