Bahasa Indonesia kelas 7
SEMESTER 2

1.
Biografi
2.
Gagasan
utama dalam teks
3.
Menarasikan
wawancara
4.
Kalimat
langsung dan tidak langsung
5.
Memo
6.
Puisi
7.
Menulis
Puisi
8.
Cerita
Pendek: Unsur Intrinsik
9.
Realitas
kehidupan cerita pendek
10. Cerita tokoh idola

I.
Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang paling benar
dengan menyilang jawaban pada lembar jawaban yang tersedia!
Kutipan biografi
untuk soal nomor 1- 3!
Sebelum menjadi
pejabat pemerintah, Dahlan Iskan adalah sosok penguasa media di Indonesia. Pria
Kelahiran Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951 ini adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Network. Perusahaan yang ia pimpin memiliki 80 jaringan
surat kabar, tabloid, dan majalah. Dahlan Iskan juga memiliki jaringan
percetakan di seluruh Indonesia.
Karier Dahlan
Iskan sebagai raja media di Indonesia bermula ketika dia memulai karier sebagai
calon reporter di sebuah surat kabar kecil di Samarinda, Kalimantan Timur pada
tahun 1975. Setahun kemudian ia menjadi wartawan untuk majalah Tempo. Pada tahun 1982, Dahlan Iskan
telah menjadi pemimpin di surat kabar Jawa
Pos hingga saat ini. Saat Dahlan Iskan ditunjuk menjadi pimpinan Jawa Pos, koran tersebut hampir bangkrut
karena kalah bersaing. Perputarannya saja hanya 6.800 eksemplar. Namun, Dahlan
tidak berputus asa. Ia mencari akal untuk menyelamatkan Jawa Pos. Ia memutuskan ide cemerlang bahwa Jawa Pos terbit pada pagi hari. Ia berhasil merubah kebiasaan
masyarakat dari membaca koran di sore hari menjadi pagi hari. Dalam 5 tahun
oplah Jawa Pos meningkat menjadi
300.000 eksemplar.
Dari surat kabar
yang hampir gulung tikar, Dahlan Iskan menjadikan Jawa Pos menjadi surat kabar yang spektakuler dan Jawa Pos di bawah kepemimpinan Dahlan
berhasil merubah kebiasaan masyarakat dari membaca koran di sore hari menjadi
pagi hari.
1.
Kutipan
biografi tersebut membahas ….
a. Karier Dahlan
Iskan di pemerintahan.
b. Masa kecil Dahlan
Iskan.
c. Perjalanan hidup
Dahlan Iskan.
d. Karier Dahlan
Iskan di dunia penerbitan
2.
Keistimewaan
Dahlan Iskan dalam biografi di atas adalah ….
a. Dalam lima tahun
Dahlan Iskan berhasil menaikkan oplah
Jawa Pos yang semula hanya 6.000 eksempler menjadi 300.000 eksemplar.
b. Dahlan Iskan
mengawali karier sebagai reporter di surat kabar kecil di Samarinda.
c. Dahlan Iskan lahir
di Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951
d. Dahlan Iskan
memimpin di surat kabar Jawa Pos.
3.
Hal
yang dapat diteladani dari biografi Dahlan Iskan adalah ....
a. Beliau disebut
sebagai raja media di Indonesia.
b. Menjadi CEO surat
kabar Jawa Pos
c. Beliau seorang
yang tidak pernah berputus asa dan selalu mencari terobosan baru.
d. Berhasil membuat
surat kabar Jawa Pos sebagai surat kabar spektakuler.
4.
Karangan
yang memuat tentang riwayat hidup tokoh dan sepak terjangnya yang ditulis oleh
orang lain disebut ….
a. Bibliografi
b. Biografi
c. Autobiografi
d. Identitas diri
5.
Berikut
ini yang bukan termasuk manfaat membaca buku biografi adalah ….
a. Muncul kesadaran
diri bahwa kita harus selalu belajar agar berhasil seperti mereka.
b. Tumbuh rasa bangga
kepada pahlawan di bidang apapun.
c. Mendapatkan
pengalaman hidup bahwa suatu keberhasilan diraih dengan kerja dan
pengorbanan.
d. Membangun sikap
skeptis dan pesimis terhadap masa depan.
6.
Simak biografi
tersebut!
Danatro lahir di Sragen, Jawa Tengah, 27
Juni 1940. Beliau adalah penulis dan sastrawan Indonesia. Karyanya yang
terkenal di antaranya kumpulan cerpen Godlob.
Kumpulan cerpennya yang lain, Adam
Ma’rifat, memenangkan Hadiah Sastra 1982 Dewan Kesenian Jakarta, dan Hadiah
Buku Utama 1982. Tahun 2009, Danarto menerima Ahmad Bakrie Award untuk bidang kesastraan. Ia pernah bergabung
dengan Teater Sardono, yang melawat ke Eropa Barat dan Asia, 1974. Perjalanan
hidup Danarto kaya dengan pengalaman, baik dalam maupun luar negeri. Ia juga
dikenal sebagai pelukis, budayawan, dan penyair.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ….
a. Danarto pernah
bergabung dengan Teater Sardono.
b. Danarto memiliki
hobi menulis hingga ke Kyoto, Jepang.
c. Danarto menekuni
hobi melukis sejak masa muda.
d. Danarto pernah
mendapatkan Ahmad Bakrie Award tahun
2009
7.
Bambang
Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi
sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang
berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang
punggung di garis depan tim sepak bola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam
kutipan biografi tersebut adalah ...
a. Menekuni profesi
sebagai pesepakbola
b. Menekuni profesi
dengan giat berlatih.
c. Menjadi striker
utama di timnas.
d. Mengorbankan
keluarga untuk meniti karir.
8.
Hal
yang merupakan keitimewaan tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah ...
a. Menekuni profesi
dengan giat berlatih.
b. Menekuni profesi
sebagai pesepakbola.
c. Menjadi striker
utama di timnas.
d. Mengorbankan
keluarga untuk meniti karir.
9.
(1)
aspek-aspek yang dapat diteladani dari sang tokoh.
(2) identitas tokoh
(3) keistimewaan atau kelebihan tokoh
(4) riwayat perjalanan sekolah dan karir
Urutan yang tepat
untuk menyajikan riwayat hidup tokoh adalah ....
a. 2,4,1,3
b. 2,4,3,1
c. 1,2,3,4
d. 1,2,4,3
10.
Pada
tataran sekolah, kriteria pencapaian pendidikan karakter adalah terbentuknya
budaya sekolah. Adapun budaya sekolah itu meliputi perilaku, tradisi, kebiasaan
sehari-hari, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga sekolah.
Perilaku warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah harus berlandaskan
nilai-nilai tersebut.
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah ....
a. Terbentuknya
nilai-nilai dalam budaya sekolah.
b. Terbentuknya
budaya sekolah melalui nilai-nilai sekolah.
c. Terbentuknya
perilaku, tradisi, kebiasaan, dan simbol-simbol.
d. Kriteria
pencapaian pendidikan karakter di sekolah.
11.
Olahraga
merupakan aktivitas yang bertujuan menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam
keadaan baik. Aktivitas olahraga memberi banyak manfaaat bagi tubuh. Manfaat
olahraga tidak hanya berpengaruh pada kesehatan jasmani, tetapi juga
berpengaruh pada kondisi psikologi. Jika akivitas olahraga dilakukan secara
rutin, peredaran tubuh akan lancar dan otot-otot yang tegang dapat menjadi
kendor lagi. Dengan demikian, otak akan mendapat rangsangan yang lebih tenang.
Gagasan utama
dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
Pengertian olahraga
b. Manfaat olahraga
c. Pengaruh olahraga
d. Aktivitas olahraga
12.
Bagi
manusia bahasa merupakan alat komunikasi yang penting. Dengan bahasa manusia
dapat menyampaikan isi hatinya kepada sesamanya. Dengan bahasa itu pula manusia
dapat mewarisi dan mewariskan, menerima dan memberikan segala pengalamannya
kepada sesamnya. Jelaslah bahwa bahasa merupakan sarana yang paling penting
dalam kehidupan manusia.
Berdasarkan letak
gagasan utama termasuk paragraf ....
a. Deduktif
b. Induktif
c. Campuran
d. Tersirat
13.
Pewawancara :
Apa bahaya rokok bagi kesehatan, Dokter?
Dokter :
Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok diantaranya kanker paru-paru,
kanker kandung
kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
Teks wawancara di
atas diubah menjadi teks narasi adalah ....
a. Menurut
pewawancara, bahaya rokok bagi kesehatan diantaranya kanker paru-paru, kanker
kandung kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
b. Menurut dokter,
bahaya yang ditimbulkan oleh rokok diantaranya kanker paru-paru, kanker kandung
kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
c. Menurut dokter,
rokok sangat berbahaya bagi laki-laki dan perempuan karena dapat menyebabkan
kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker payudara, dan kanker serviks.
d. Menurut dokter,
rokok sangat berbahaya bagi perokok aktif dan pasif karena dapat menyebabkan
serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan.
14.
Siswa : Benar dalam liburan ini sekolah
kita akan berdarma wisata, Rahmad?
Ketua Osis :
Benar! Mengapa kamu bertanya?
Adi : Untuk meyakinkan diri.
Darmawisata ke mana, Mad
Ketua Osis :
Belum dipastikan. Mungkin ke Kebun Raya Bogor, mungkin pula ke Pantai
Pangandaran.
Adi : Mudah-mudahan ke Kebun Raya Bogor.
Saya belum pernah ke sana.
Ketua Osis :
Nanti hasil rapat yang menentukan.
Narasi yang tepat
dari wawancara adalah ....
a. Seorang siswa
bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan
tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa mereka akan
berdarmawisata ke Kebun Raya Bogor.
b. Seorang siswa
bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan
tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa mereka akan
berdarmawisata ke Pangandaran.
c. Seorang siswa
bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan
tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa belum ada kepastian
berdarma wisata ke mana.
d. Seorang siswa
bertanya kepada ketua OSIS tentang rencana darma wisata. Dia ingin memastikan
tujuan darma wisata tersebut. Ketua OSIS menjawab bahwa mereka mungkin
berdarmawisata ke Kebun Raya Bogor atau ke Pangandaran.
15.
Anwar
menyuruh Ifah menunggu sebentar karena ia sedang memamakai sepatu.
Jika kalimat tersebut dijadikan kalimat langsung adalah ....
a. “Tunggu dulu, kata Ifah, saya sedang memakai
sepatu, War!.”
b. “Tunggu dulu,
Fah!” kata Anwar, “Saya sedang memakai sepatu.”
c. Ifah berkata,
“Tunggu dulu, War!” saya sedang memakai sepatu.
d. Ifah mengatakan
kepada Anwar bahwa “Tunggu dulu, Fah!” saya sedang memakai sepatu.
16.
“Saya
sangat bangga, sutradara sekarang banyak yang peduli dengan sastra,” ungkap Pak
Zanuar.
Kalimat tidak
langsung dari kalimat di atas adalah ....
a. Pak Zanuar sangat
bangga karena banyak sutradara sekarang yang peduli dengan dunia sastra.
b. Sutradara
mengatakan bahwa Pak Zanuar sangat bangga karena banyak yang peduli dengan
dunia sastra.
c. Pak Zanuar sangat
bangga bahwa sutradara sekarang banyak yang peduli dengan dunia sastra.
d. Sutradara
mengatakan sangat bangga karena Pak Zanuar sekarang peduli dengan dunia sastra.
17.
Erwin,
ketua tim futsal SMP Bina Nusantara, ke rumah Andre untuk mengajaknya latihan
persiapan pertandingan futsal antar SMP se-Surakarta. Karena Andre tidak ada,
Erwin menulis pesan singkat.
Isi pesan singkat yang sesuai ilustrasi di atas adalah ....
a. Erwin, nanti pukul
15.30 latihan persiapan pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Kutunggu di
Bengawan Sport.
b. Andre, nanti pukul
15.30 latihan persiapan pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Kutunggu di
Bengawan Sport.
c. Erwin, nanti pukul
15.30 ada pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Sekarang kita latihan.
Kutunggu di Bengawan Sport.
d. Andre, nanti pukul
15.30 ada pertandingan futsal antar-SMP se-Surakarta. Kita nonton, ya. Kutunggu
di Bengawan Sport.
18.
Kepala
sekolah memberikan mandat kepada pembina IPM untuk melaksanakan kegiatan bakti
sosial dalam rangka menyambut Ramadhan. Pembina IPM meminta agar para wali
kelas menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat
yang tepat berdasarkan ilustrasi adalah ....
a. Kepala sekolah
menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi
kepedulian terhadap sesama.
b. Wali kelas harap
menginformasikan kepada siswanya untuk melaksanakan bakti sosial dalam rangka
menyambut bulan suci Ramadhan.
c. Kepala sekolah
mengharapkan semua siswa turut menyumbangkan bulan suci Ramadhan dengan
mengadakan bakti sosial.
d. Wali kelas
mengumpulkan barang apasa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang
membutuhkan bantuan.
19.
Pohon
asam
Pohon randu
sepanjang jalan
Pohon pina di
hutan-hutan
Bait puisi di atas
menggambarkan citraan ...
a. Penglihatan
b. Perasaan
c. Pendengaran
d. peraba
20.
Anak-anak menjerit-jerit
Asap panas membakar
Lahar dan badai menyapu bersih
Baris pertama puisi tersebut menggambarkan
citraan ....
a.
Penglihatan
b. Perasaan
c. Pendengaran
d. peraba
21.
Di sebuah kerajaan, ada seorang putri
yang bernama putri Melati Wangi. Ia seorang putri yang cantik dan pandai. Di
rumahnya ia selalu menyanyi. Sayangnya, ia seorang yang sombong dan suka
menganggap rendah orang lain. Di rumahnya ia tidak pernah mau jika disuruh
menyapu oleh ibunya. Selain itu, ia juga tidak mau jika disuruh belajar
memasak. “Tidak, aku tidak mau menyapu dan memasak nanti tanganku kasar dan aku
jadi kotor”, kata Putri Melati Wangi setiap kali disuruh menyapu dan belajar
memasak.
Berdasarkan
cuplikan cerita anak di atas realitas kehidupan putri Melati Wangi adalah ....
a. Putri Melati Wangi
adalah anak yang cantik, pandai, dan rendah hati
b. Putri Melati Wangi
adalah anak yang suka menyanyi tetapi sombong
c. Putri Melati Wangi
adalah anak yang cantik dan rajin.
d. Putri Melati Wangi
adalah anak yang rajin dan pandai memasak.
22.
Matahari
membara tepat di atas kepala, panas menyerang tanpa ampun, aspal meleleh,
perutku kosong, kerongkongan kering. Aku melangkah seperti kerangka kayu yang
reyot, pandangan berkunang-kunang. Kami
kehausan dan menderita dehidrasi, bahkan sudah tak lagi berkeringat. Aku tak
sanggup apalagi waktu melewati danau, aku ingin sekali membatalkan puasaku, tapi
saat aku menoleh kepada Arai, ia tersenyum menggeleng “Bertahanlah Ikal, Banu,
kalian kan sedang puasa ... aku juga ikut puasa seperti kalian,” kata Arai.
Memang agama mereka beda tapi mereka tapi mereka tidak mempermasalahkan hal
itu.
Nilai kehidupan yang dapat kita petik dari
kutipan di atas adalah ....
a. Setiap bulan
Ramadhan umat Islam melaksanakan ibadah puasa.
b. Tersenyumlah saat
kita sedang kesuasahan atau mendapat kesenangan.
c. Hormatilah teman
yang sedang dan akan melaksanakan ibadah.
d. Pilihlah teman
yang baik dan tidak berbeda keyakinan dengan kita.
23.
Atik
segera berpindah. Sopir yang mengangkat tangan itu menandakan bahwa ia tidak
butuh koran yang Atik tawarkan. Di mobil berikutnya pun ia mendapat jawaban
yang sama.Di tangannya masih
terdapat setumpuk koran dan beberapa tabloid. Ia terus berharap beban di
tangannya berpindah dan berubah menjadi beberapa lembar rupiah. Lampu hijau
menyala. Atik segera mencari tempat berteduh untuk mengambil napas. Menghirup
sesaat udara kebebasan yang telah terenggut oleh keadaan.
Realitas kehidupan
yang tercermin dalam kutipan cerpen adalah ....
a. Banyak anak yang
putus sekolah dan menjadi penjual koran di sekitar lampu merah.
b. Membaca koran atau
tabloid sudah menjadi kebutuhan hidup manusia modern.
c. Siang hari yang
panas paling enak digunakan untuk berteduh di bawah pohon.
d. Orang tua harus
bertangggung jawab atas pendidikan anak-anaknya.
24.
Laut
Berdiri aku di
tepi pantai
Memandang lepas ke
tangah laut
Ombak pulang
memecah berderai
Keribaan pasir
rindu berpaut
Baris ketiga dalam
bait puisi di atas adalah ....
a. Perumpamaan
b. Metafora
c. Personifikasi
d. Hiperbola
25.
Seruling
di pasir ipis merdu
Antara gundukan
pohon pina
Tembang menggema
di dua kai
Burangrang-Tangkuban
Perahu
Citraan yang
dominan dalam puisi di atas adalah ...
a. Penglihatan
b. Pendengaran
c. Perasaan
d. Perabaan
Bacalah untuk soal nomor 26-28!
Nyanyian Seorang Petani
Berilah kiranya
yang terbaik bagiku
Tanah berlumpur
dan kerbau pilihan
Biji padi yang
manis
Berilah kiranya yang
terbaik
Air mengalir
Hujan menyerbu tanah air
Bila masanya
buahnya kupetik
Ranumnya kupetik
Rahmat-Mu kuraih
Abdul Hadi W.M
26.
Puisi
di atas mengisahkan tentang ....
a. Keluhan seorang
petani
b. Pujian seorang
petani
c. Doa seorang petani
kepada Allah
d. Kemarahan seorang
petani
27.
Nada
yang tepat membacakan puisi di atas adalah nada ....
a. Memohon
b. Sedih
c. Kecewa
d. Marah
28.
Ekspresi
yang digunakan untuk membaca puisi di atas adalah ....
a. Sedih
b. Bahagia
c. Khusyuk
d. Haru
29.
Rembulan
Kau berjalan di
atas bumi pertiwi
Dengan sinar
keagunganmu
Walau sesaat kita bertemu
Di malam hari
....
Larik bermajas
untuk melengkapi puisi di atas adalah ....
a. Cahayamu bersinar
terang
b. Rembulan menyinari
bumi
c. Engkau tersenyum
padaku
d. Dia bermanfaat
sekali
30.
Malam
itu aku duduk di teras rumah. Aku teringat, sahabatku yang sudah lama tidak
bertemu. Kami selalu bersama dalam suka dan duka. Aku berusaha untuk
melupakannya, tetapi aku tidak bisa.
Puisi di atas yang
sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
a. Untung tak bisa
diraih
Malang tak bisa ditolak
Pertemuan dan perpisahan
Pasangan dalam setiap kehidupan
b. Tiada mutiara
sebening cinta
Tiada sutra sehalus kasih sayang
Tiada embun sesuci ketulusan hati
Tiada hubungan seindah persahabatan
c. Tak ada kata yang
tak terucap
Dari lubuk hati nan dalam
Tuk menghiasi indahnya harimu
Hanya doa kupanjatkan untukmu
d. Dinginnya malam
menemani hatiku
Terselimut kesedihan dan kerinduan
Jalan khayalku membumbung
Walau kucoba melupakanmu
Cerita berikut
untuk soal nomor 31 dan 32!
Aku
Cuma HP
“Mia tidak mau
tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3 G seperti
milik Tari, kata Mia ngotot kepada Mama.
“Ini kan masih
bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya
juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih
SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
“Mia malu, Ma.
Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya
jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting aku ke sofa.
Mama tidak tahu harus
berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma kalau Mia
sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
“Pokoknya Mia
minta ganti, titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting daun
pintu dengan keras.
Sumber: Yunior, edisi 09. Muslimin. 2007.
31.
Berdasarkan
cerita di atas, Mia memiliki sifat ….
a. Penurut
b. Sombong
c. Manja
d. Baik hati
32.
Realitas
kehidupan anak-anak sekarang yang terefleksi dalam cerita di atas adalah ….
a. Patuh pada nasihat
orang tua
b. Membantah perintah
orang tua
c. Ingin tampil beda
dari teman-temannya.
d. Segala keinginan
harus segera dipenuhi orang tua.
Kutipan cerita
berikut untuk soal nomor 33 dan 34!
….
“Sebenarnya aku ingin tentang karya
wisata.”
“Memang ada masalah apa?”
“Pagi tadi aku mengantarkan Ghani kulakan.
Aku pun bertanya, apakah ia ikut, ternyata dijawab tidak. Tidak punya uang
alasannya. Uang sebesar itu cukup besar bagi keluargaku katanya,” Agus
menjelaskan.
“Terus?”sela Fauzia
“Maksudku … kuharap engkau mau membujuk
Ghani agar mau berangkat. Nanti, biaya kita tanggung berempat. Kan tidak enak
kita semuanya berangkat, sedangkan ia sendiri tertinggal,” usul Agus.
“Hmm,” Fauzia menarik nafas.
Sumber: Utoyo Dimyati, Janji Sepasang
Merpati, Yogyakarta, Pustaka Insan Madani, 2008.
33.
Sifat
tokoh Agus dalam kutipan cerita di atas adalah ….
a. Ramah
b. Sabar
c. Penolong
d. Patuh
34.
Nilai
sosial yang terdapat dalam kutipan cerita adalah ….
a. Ikut campur dalam
permasalahan hidup orang lain.
b. Membantu
meringankan beban yang ditanggung sahabat
c. Menyayangi sahabat
seperti saudara sendiri
d. Berdiam diri
melihat sahabar mengalami kesusahan.
Bacalah kutipan
cerita anak untuk soal nomor 1 dan 2!
Pada zaman dahulu
hiduplah seorang petani sederhana bersama istrinya yang cantik. Petani
sederhana bersama istrinya yang cantik. Petani itu selalu bekerja keras, tetapi
istrinya hanya bersolek dan tidak memedulikan rumah tangganya. Mereka tinggal
di rumah yang sangat sederhana dan hidup dari hasil pertanian sebagaimana
layaknya keluarga petani.
Sang istri yang
cantik itu tidak puas dengan keadaan mereka. Dia merasa, sudah selayaknya jika
suaminya berpenghasilan lebih besar supaya dia bisa merawat kecantikannya.
Untuk memenuhi tuntutan istrinya, petani itu bekerja lebih keras. Namun,
sekeras apa pun kerja si petani, dia tak mampu memenuhi tuntutan istrinya.
Selain minta dibelikan obat-obatan yang dapat menjaga kecantikannya, istrinya
juga suka minta dibelikan pakaian yang bagus-bagus yang tentunya sangat mahal.
35.
Berikut
adalah sikap tokoh yang harus kita hindari dari kutipan cerita anak tersebut, kecuali ....
a. Selalu merasa
tidak puas dengan keadaan.
b. Bekerja keras
untuk membahagiakan orang lain.
c. Merawat diri
hingga tidak memedulikan rumah tangga.
d. Selalu menuntut kepada
orang lain.
36.
Realitas
yang tercermin dalam kutipan cerita di atas adalah ....
a. Petani tidak akan
dapat memenuhi tuntutan istrinya.
b. Seorang suami
harus berpenghasilan besar.
c. Seseorang yang
selalu menuntut dan tidak akan pernah merasa puas dengan hidupnya.
d. Seorang istri
harus menjaga kecantikannya dan minta dibelikan pakaian yang mahal.
37.
Tersebutlah
dua orang jagoan yang selalu ingin menunjukkan dirinya lebih jago dari yang
lain. Pada suatu hari, mereka bertemu di sebuah laut yang luas. Tanpa basa
basi, mereka langsung saling menyerang. Mereka bertarung lama sekali hingga
tubuh mereka bersimbah darah. Karena sama-sama kuat, tak ada tanda-tanda siapa
yang akan kalah.
Realitas
yang tercermin dalam kutipan cerita di
atas adalah ....
a. Pertempuran selalu
saja terjadi di laut luas.
b. Pertempuran selalu
menimbulkan kesedihan.
c. Tidak semua
manusia dapat menghargai perbedaan.
d. Dalam kehidupan
ada saja manusia yang tidak mau kalah.
38. Cermatilah cerpen berikut ini!
Upacara penguburan
itu tak terkesan begitu khidmat, namun masih terasa sunyi. Sepasang suami istri
meninggal karena bunuh diri. Aku ikut dalam upacara penguburan itu. Ah, bukan.
Bukan upacara. Sulit aku mengatakannya bahwa peristiwa itu hanya mirip kegiatan
beberapa orang mengubur bangkai binatang. Seorang menggali liang, empat orang
membopong sepasang mayat suami istri tua itu. Dan aku memimpin doa bagi
keluarga yang ditinggalkan. Seorang bocah sekitar sembilan tahun yang membisu
dengan wajah kosong! Kami hanya bertujuh.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah
....
a. Di rumah kosong
b. Di kuburan
c. Di desa
d. Di jalan
Kutipan berikut untuk soal nomor 39 dan 40!
Aku kembali dari perjalananku dua pekan
kemudian bersama pemuda. Juga kemungkinan dapat mengirimkan ratusan, mungkin
ribuan benda dagangan ke berbagai kios dan toko di Pantai Kuta serta sebuah
toko eksklusif di Ubud yang ramai pengunjung. Setelah masa tunangan beberapa
bulan, aku dinikahkan oleh seorang anak pemilik restoran di Sanur. Menurut
adat, lebih dulu aku diangkat menjadi anak seorang pegawai rumah makan itu yang
berkasta sudra supaya dapat kawin dengan upacara Hindu Bali.
Sumber: Cerpen “Ajaran Kehidupan Seorang
Nenek” karya NH Dini.
39.
Pernyataan
yang menunjukkan kaitan latar suasana dengan realitas kehidupan masyarakat Bali
yaitu ….
a. Tokoh aku
melakukan perjalanan selama dua pecan.
b. Di Kuta terdapat
berbagai toko yang menjual berbagai dagangan sehingga sangat ramai.
c. Tokoh aku menikah
dengan anak pemilik restoran di Bali.
d. Masyarakat Bali
menerapkan system kasta.
40.
Latar
sosial yang berkaitan dengan realitas kehidupan masyarakat Bali yaitu ….
a. Masyarakat di Kuta
dan Ubud sebagian besar berprofesi sebagai pedagang.
b. Tempat wisata di
Bali dikunjungi banyak wisatawan sehingga pendapatan daerah meningkat.
c. Menurut adat Bali,
pernikahan secara adat menerapkan sistem kasta.
d. Setiap orang dari
luar Bali bebas memilih kasta seperti yang dikehendakinya.
SELAMAT MENGERJAKAN!
Soal disalin di MS Word kemudian dikerjakan dan dikumpulkan tanggal 10 Maret 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar